Makkah Kota Tertua di muka Bumi dengan Beragam Julukan 

Selasa , 31 Mar 2020, 21:31 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Makkah mempunyai sejumlah julukan sebagaimana diabadikan Alquran. Ilustrasi Kabah di Masjid Al Haram, Makkah.
Makkah mempunyai sejumlah julukan sebagaimana diabadikan Alquran. Ilustrasi Kabah di Masjid Al Haram, Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, Makkah merupakan sebuah kota yang berusia sangat tua. Lebih tua dibandingkan kota lain, seperti Mesir, Irak, Iran, Yaman, dan Madinah. Kota ini, telah dikenal sebelum Islam, yakni sejak zaman Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS). 

 

Terkait

Namun, menurut Junaidi Halim dalam bukunya, Makkah-Madinah dan Sekitarnya, Kota Makkah adalah kota tertua di dunia. Bahkan, kota ini sudah ada sejak zaman Nabi Adam AS.

Baca Juga

Konon, Nabi Adam dahulunya diturunkan ke bumi adalah di Makkah, sedangkan Siti Hawa di Jeddah. Namun, ada pula yang menyebutkan Nabi Adam diturunkan di Irak, di Sri Lanka, India, dan lainnya.

Junaidi Halim menyatakan, batas Kota Makkah merupakan tempat berbarisnya para Malaikat ketika Nabi Adam meminta perlindungan dari godaan Iblis, setelah diturunkan dari surga. Batas-batas itu adalah sekitar 7 kilometer (km) Masjid al-Haram dari utara, 13 km ke arah selatan, 25 km dari arah barat, dan 25 km dari arah timur.

Kota Makkah dikenal sebagai kota yang teramat istimewa dalam dada setiap Muslim. Karena dari kota inilah lahir pembawa risalah Islam, Rasulullah Muhammad SAW. Cahaya Islam memancar hingga ke seluruh penjuru dunia hingga sekarang ini.Makkah mempunyai sejumlah julukan sebagaimana disebutkan dalam Alquran, sebagai berikut:   

  1. Kota Makkah dijuluki dengan al-Mukarramah karena dia merupakan kota yang dimuliakan oleh Allah SWT. Sebab, di sini Allah memerintahkan Nabi Ibrahim dan Ismail AS untuk mendirikan Bayt Allah (Ka'bah). Julukan lainnya yang diberikan kepada Kota Makkah adalah Haramun Aamin atau kota suci yang aman (QS Al-Qashash [28]:57). 
  2. Kota Haram (suci) karena di sini terdapat tapal batas yang melingkari Makkah. Dengan pembatas ini, orang kafir tidak diperkenankan memasuki kawasan Tanah Haram ini.
  3. Al-Balad, negeri (QS Al-Balad [90]: 1-2, Ibrahim [14]: 35) 
  4. Ummu al-Qura, induk atau ibu negeri-negeri (QS Al-An'am [6]: 92) 
  5. Al-Balad al-Amin, negara yang aman (QS At-Tin [95]: 4) 
  6. Al-Qaryah, negeri (QS An-Nahl [16]: 112) 
  7. Bakkah yang artinya menyobek, membalas kekejaman, memisahkan orang kafir dan mukmin (QS Ali Imran [3]: 96) 
  8. Waadin Ghairu Dzi Zar'in, yaitu lembah yang tidak mempunyai tanaman (QS Ibrahim [14] : 37)   

Namun, di antara nama-nama itu yang paling terkenal adalah Makkah, yang berarti mendesak, yakni mendesak orang-orang yang maksiat kepada Allah SWT untuk keluar dari kawasan itu. 

 

 

 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini