Rabu 01 Apr 2020 18:12 WIB

Kurma Ajwa, Kurma Kegemaran Rasulullah SAW Penawar Racun

Rasulullah SAW gemar mengonsumsi kurma ajwa.

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Kurma (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kurma (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kurma merupakan buah kegemaran Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk memakan buah kurma setiap hari. Kurma yang paling terkenal di kalangan umat Muslim adalah kurma ajwa kurma ini merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW.  

Kurma ajwah. Kurma ini berasal dari kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed, Arab Saudi. Kurma ajwa merupakan jenis yang paling banyak diminati jamaah haji atau umroh. ''Begitu mendengar nama tersebut, pikiran langsung terlintas bahwa ini adalah jenis kurma kegemaran Nabi Muhammad SAW.'    

Baca Juga

Kurma ajwa memiliki tekstur kulit yang halus dan berwarna cokelat gelap hingga hitam dengan rasa daging yang agak manis seperti kismis. Dikonsumsi saat buah sudah matang tamar.

Buah ajwa ini berbentuk bulat. Pada tahap khalal kurma ajwa ini berwarna merah kesumba, pada tahap rutab muncul warna hitam dari ujung kurma. Kemudian pada tahap tamar, kurma berwarna hitam sepenuhnya dengan kulit buah berkerut menempel pada daging buah dan daging buah tidak terlalu lembut.  

 

Bahkan ada hadits Rasulullah mengenai kurma yang satu ini. ''Barang siapa di waktu pagi makan tujuh butir kurma ajwa, pada hari itu ia tidak akan kena racun maupun sihir.'' (Shahih Bukhari). Dari segi tampilan luar, ajwa memang berbeda dengan kurma jenis lain. Warnanya kehitaman. Ada banyak guratan di permukaan buahnya, yang oleh sementara orang dikatakan mirip tulisan kaligrafi Alquran. Rasanya juga manis serta berdaging tebal.

Karenanya tak heran apabila jamaah dari berbagai negara pun mencari kurma ajwa. Otomatis harganya pun terbilang mahal. Di Pasar Kurma, kurma ini dijual seharga 60 riyal per kg untuk yang buahnya kecil dan 80 riyal per kg untuk yang buahnya agak besar. Namun jika sudah masuk di toko di kawasan Makkah dan Jeddah, harga ajwa melambung hingga 90 riyal per kg.

Selain di Pasar Kurma, jamaah haji juga memburu kurma ajwa di toko penjual kurma yang terletak di depan mihrab Masjid Quba. Biasanya, setelah berziarah ke Masjid Quba, masjid yang pertama kali didirikan Rasulullah, jamaah menyempatkan diri ke toko korma ini.

Harga kurma ajwa di sini relatif sama, sekitar 60 dan 80 riyal. Tapi jika kita gigih menawar, harga bisa turun hingga 5-10 riyal baik untuk yang sudah dalam kemasan atau kiloan. Di samping kurma, tersedia juga berbagai jenis coklat isi kurma dan kacang-kacangan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement