Jumat 03 Apr 2020 13:10 WIB

Fatwa Ulama India Bila Muslim Mengalami Gejala Corona

Muslim yang mengalami gejala corona tidak boleh menyembunyikan penyakit.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Fatwa Ulama India Bila Muslim Mengalami Gejala Corona. Foto ilustrasi.
Foto: Abdan Syakura/Republika
Fatwa Ulama India Bila Muslim Mengalami Gejala Corona. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Ulama terkemuka di India mengeluarkan fatwa yang berisi permintaan pada umat Muslim di negara itu agar menjalani tes virus corona bila menunjukkan adanya gejala penyakit. Selain itu, Muslim juga diharuskan menjalani perawatan.

"Tidak boleh menyembunyikan penyakit. Jika mereka tidak melakukan perawatan dan tes itu benar-benar melanggar hukum syariah," menurut fatwa yang dikeluarkan Maulana Khalid Rashid Farangi Mahali dari Darul Uloom Farangi Mahal, seperti dilansir India Today, Jumat (3/4).

Baca Juga

Ia menekankan menyelamatkan nyawa seorang manusia dalam Islam seperti menyelamatkan nyawa banyak orang. Karena itu dalam fatwa itu ia mengatakan orang yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona harus dites.

Fatwa itu disampaikan di tengah lockdown 21 hari yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus yang telah menewaskan sedikitnya 50 orang di India. Beberapa ulama terkemuka telah meminta warga menghindari sholat berjamaah di masjid-masjid dan berdoa, termasuk sholat Jumat. Para ulama mengimbau tetap di rumah dalam situasi saat ini untuk menghindari penyebaran penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement