Senin 06 Apr 2020 17:20 WIB

UMP Gelar Pidato Milad Secara Virtual

Ini bentuk komitmen UMP memotong siklus penularan Covid-19.

Rep: Eko Widiyatmo/ Red: Gita Amanda
UMP menggelar acara pidato rektor yang didampingi para wakil rektor.  Namun itu pun dilakukan secara virtual atau disiarkan secara langsung melalui internet.
Foto: wordpress.com
UMP menggelar acara pidato rektor yang didampingi para wakil rektor. Namun itu pun dilakukan secara virtual atau disiarkan secara langsung melalui internet.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Di tengah wabah Covid-19, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memperingati Milad ke-55 dengan cara sederhana. Pada puncak peringatan milad yang jatuh Senin (6/4), UMP hanya menggelar acara pidato rektor yang didampingi para wakil rektor.  Namun itu pun dilakukan secara virtual atau disiarkan secara langsung melalui internet.

''Pidato virtual dalam rangka peringatan Milad ke-55 UMP ini dilakukan sebagai bentuk komitmen UMP memotong siklus penularan Covid-19. Melalui pidato virtual, tidak ada kerumunan yang bisa menjadi media penularan,'' jelas Rektor UMP Dr Anjar Nugroho.

Baca Juga

Sebelum disiarkan pidato milad secara virtual, juga ditayangkan ucapan selamat Milad bagi IMP dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, Gubernur Jateng  Ganjar Pranowo, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng, Bupati Banyumas, Bupati Purbalingga, Bupati Cilacap, dan Wakil Bupati Wonosobo.

Pidato virtual yang disampaikan Rektor tersebut juga disiarkan langsung oleh empat stasiun televisi dengan menggunakan aplikasi zoom video communications. ''Inilah pertama kali dalam sejarah, pidato milad UMP dilaksanakan secara virtual,'' jelasnya.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho dalam pidato bertajuk ‘Dari UMP Untuk Indonesia’, menyebutkan dalam usianya yang ke-55 tahun, telah banyak dinamika yang dilalui UMP. Saat ini, UMP telah mencapai kedudukan yang baik dalam dunia akademik, dimana Unirank menempatkan UMP dalam 20 besar Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia.

''Saat ini, UMP memiliki 13 ribu mahasiswa aktif yang tersebar dalam 46 program studi, baik diploma, sarjana, profesi maupun pascasarjana,'' jelasnya.

Untuk itu, Rektor menyampaikan penghargaan pada seluruh civitas akademika dan keluarga besar UMP yang telah bersama-sama berjuang  meningkatkan kualitas dalam upaya mewujudkan UMP sebagai centre of excellence in the region, baik  di bidang pendidikan, penelitian/pengabdian, dan sebagai driving force gerakan dakwah, tajdid dan perubahan sosial.

Menurutnya, keberadaan UMP tidak lepas dari misi Muhammadiyah, yaitu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama yang mendapat ridha Allah SWT. ''Pada prinsipnya, kami akan terus melakukan yang terbaik untuk menghasilkan lulusan terbaik dan bagi Indonesia yang lebih baik,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement