Rabu 08 Apr 2020 22:17 WIB

Glenn Fredly dan Kariernya di Dunia Musik

Musisi Glenn Fredly dikabarkan tutup usia, Rabu (8/4).

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nora Azizah
Selama berkarier di dunia musik, Glenn Fredly berhasil menelurkan sejumlah lagu romatis populer (Foto: Glenn Fredly)
Foto: republika
Selama berkarier di dunia musik, Glenn Fredly berhasil menelurkan sejumlah lagu romatis populer (Foto: Glenn Fredly)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Glenn Fredly Deviano Latuihamallo alias Glenn Fredly meninggal akibat mengidap penyakit meningitis. Dia menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 18.00 WIB di RS Setia Mitra, Fatmawati di Jakarta Selatan.

Selama berkarier di dunia musik, pria kelahiran 30 Septermber 1975 itu berhasil menelurkan sejumlah lagu romatis populer. Sebut saja beberapa lagu semisal Sedih Tak Berujung, Terserah, Kisah Romantis, hingga My Everything.

Baca Juga

Tak hanya menyumbang lagu, secara personal Glenn juga menyabet beberapa gelar prestisius. Pria yang mengawali karier menjadi vokalis “Funk Section” pada 1995 silam ini meraih penghargaan album Indonesia terbaik di Anugerah Industri Musik Malaysia pada 2000 lalu.

Ditahun yang sama dia juga mendapatkan anugrah lagu terbaik pilihan pendengar di Planet Musik Award Singapura. Satu tahun berselang dirinya mendapatan penghargaan AMI Award untuk karya produksi urban terbaik. Di tahun yang sama dia juga mendapatkan AMI Award untuk Artis Solo Pria R&B Terbaik.

Tiga tahun berselang atau pada 2004 dia juga mendapatkan AMI Award untuk Lagu Pop terbaik. pada 2006 dia juga menyabet gelar AMI Award untuk Karya Produksi Jazz Terbaik.

Perjalanan karir Glenn pada tahun-tahun setelahnya juga terus diganjar beberapa penghargaan terkait dunia musik. Pada 2019 pria kelahiran Jakarta itu AMI Award untuk karya produksi terbaik dan kolaborasi terbaik untuk lagu Adu Rayu.

Dalam perjalanan kariernya di dunia musin nasional, Glenn juga mendirikan grup musik Trio Lestari pada 2013 lalu. Grup musik itu beranggotakan musisi jazz yakni Tompi dan Sandhy Sondoro.

photo
Penyanyi Glenn Fredly bersama Tompi - (Republika/Fakhri Hermansyah)

Grup tersebut merilis album pertama pada 2014 berujul Wangi. Mini album berisikan tujuh lagu pop, lima lagu baru dan dua lagu yang pernah mereka nyanyikan.

Tak hanya berkecimpung di dunia musik, Glenn juga diketahui terjun ke dalam dunia film. Dia berkecimpung dalam film Tanda Tanya. Dia juga memproduseri film berjudul Cahaya Dari Timur: Beta Maluku.

Film tersebut berhasil menyabet beberapa gelar dalam Indonesia Film Festival, Maya Awards hingga Indonesian Movie Awards. Film tersebut berhasil menyabet gelar Movie of The Year dalam ajang Showbiz Indonesia Awards pada 205 lalu.

Dalam beberapa tahun belakangan, Glenn memproduseri beberapa artis semisal Pasto, vokalis Yura Yunita, dan Hidayah. Glenn juga pernah merilis sebuah album Rohani bertajuk Terang dengan sepuluh lagu di dalamnya.

Musisi kenamaan nasional itu meninggal di usia ke-45 tahun. Dia meninggalkan satu orang istri yang saat ini mengandung anak berusia 40 hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement