Kamis 09 Apr 2020 05:15 WIB

Glenn Fredly 'Menghidupkan' Kembali Studio Lokananta

Glenn pernah membuat rekaman DVD di Studio Lokananta pada 2012 silam.

Glenn Fredly adalah salah satu musisi yang membuat nama Lokananta, studio rekaman bersejarah di Indonesia kembali terdengar (Foto: Glenn Fredly)
Foto: Republika/Prayogi
Glenn Fredly adalah salah satu musisi yang membuat nama Lokananta, studio rekaman bersejarah di Indonesia kembali terdengar (Foto: Glenn Fredly)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Glenn Fredly adalah musisi yang aktif mendukung ekosistem musik di Indonesia semakin membaik. Glenn adalah salah satu musisi yang membuat nama Lokananta, studio rekaman bersejarah di Indonesia kembali terdengar.

Dia menggaungkan kampanye Save Lokananta agar studio di Solo tersebut tak terlupakan. Pada 2012, Glenn Fredly membuat rekaman DVD "Glenn Fredly and Bakucakar Live from Lokananta".

Baca Juga

Langkah itu kemudian diikuti oleh musisi lain, seperti White Shoes and the Couples Company (WSATCC), Senyawa, Efek Rumah Kaca, dan Slank. Pada Oktober 2019, Perum Percetakan Negara RI (PNRI) Surakarta-Lokananta mengutarakan harapannya agar gedung Lokananta bisa menjadi destinasi wisata baru Kota Solo.

Studio musik tertua yang berdiri pada 1956 ini mengoleksi lagu daerah. Tak hanya itu, Lokananta juga menyimpan rekaman penting sejarah perjalanan Indonesia, seperti sub-master pidato Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Masa keemasan Lokananta terjadi pada pertengahan 1970-an hingga akhir 1980-an. Kala itu, Lokananta bisa merilis 100.000 keping kaset di pasaran yang disambut baik oleh masyarakat.

Kini, Lokananta menjadi bagian dari PNRI. Studio bersejarah ini menyediakan tempat untuk pentas musik, pentas seni, diskusi hingga lokakarya untuk masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement