Jumat 10 Apr 2020 21:44 WIB

Pemerintah Harap Masyarakat tak Khawatir 35 Ribu Napi Bebas

35 Ribu Narapidana dibebaskan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Muhammad Hafil
Pemerintah Harap Masyarakat tak Khawatir 35 Ribu Napi Bebas. Foto: Salah satu kegiatan di Lapas (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya
Pemerintah Harap Masyarakat tak Khawatir 35 Ribu Napi Bebas. Foto: Salah satu kegiatan di Lapas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengeluarkan dan membebaskan 35.676 narapidana dan anak melalui program asimilasi dan integrasi berkenaan dengan virus Covid-19. Data tersebut dirilis per Rabu (8/4) pukul 09.00 WIB. Kekhawatiran masyarakat akan tindak pidana yang mungkin dilakukan oleh para narapidana terus muncul.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Nugroho meminta masyarakat tidak perlu cemas ihwal dirumahkannya 35 ribu lebih  orang narapidana tersebut. “35 ribu lebih  narapidana yang menjalankan program asimilasi serta integrasi akibat dampak wabah Covid-19 tetap berada dalam pantauan Lembaga Pemasyarakatan, Balai Pemasyarakatan dan Aparat penegak hukum lain,” tutur Nugroho dalam keterangannya, Jumat (10/4).

Baca Juga

Ia menerangkan bahwa narapidana dan anak yang diberikan asimilasi  dan integrasi telah melalui tahap penilaian perilaku berupa berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan  dan tidak melakukan tindakan  pelanggaran disiplin dalam lembaga. Sebelum kembali ke masyarakat pun, lanjut Nugroho, petugas juga sudah memberikan edukasi, menyampaikan aturan-aturan kedisiplinan yang tidak boleh dilanggar selama menjalankan asimilasi dan integrasi.

“Kami juga menyampaikan sanksi yang akan mereka peroleh apabila melanggar,  seperti membuat keresahan di masyarkat apalagi mengulangi melakukan tindak pidana," jelas Nugroho.

Diketahui, program asimilasi dan integrasi akan terus dilakukan sampai berhentinya status kedaruratan terhadap penanggulangan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah berakhir. Hal tersebut sesuai dengan penetapan pemerintah, pasal 23 Permenkumham No. 10 Tahun 2020.

Dalam Pasal 23 disebutkan, narapidana menerima asimilasi atau integrasi telah menjalankan 2/3  masa pidananya. Sementara anak telah menjalankan setengah masa pidananya sampai dengan tanggal 31 Desember 2020.

Program asimilasi dan integrasi tersebut tidak berlaku bagi pelaku kejahatan tindak pidana luar biasa seperti teroris dan korupsi sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan yang mengatur pengetatan remisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement