Jumat 10 Apr 2020 23:29 WIB

Kasus Terkonfirmasi Singapura Naik Akibat Pekerja Migran

Lebih dari 24 ribu pekerja kini terkurung di asrama mereka.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin
Suasana jalanan yang kosong terlihat di area Central Business District (CBD) di Singapura, Selasa (7/4). Sebagian besar jalan-jalan dan pusat perbelanjaan terlihat kosong pada hari pertama penutupan tempat-tempat kerja yang tidak esensial di Singapura hal ini sebagai bagian dari langkah pemerintah untuk memutus rantai dalam memerangi pandemi Covid-19 dan coronavirus
Foto: EPA-EFE/HOW HWEE YOUNG
Suasana jalanan yang kosong terlihat di area Central Business District (CBD) di Singapura, Selasa (7/4). Sebagian besar jalan-jalan dan pusat perbelanjaan terlihat kosong pada hari pertama penutupan tempat-tempat kerja yang tidak esensial di Singapura hal ini sebagai bagian dari langkah pemerintah untuk memutus rantai dalam memerangi pandemi Covid-19 dan coronavirus

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA -- Singapura telah menjadi yang terahli dalam cara menangani wabah Covid-19. Namun, kasus terkonfirmasi di negara ini kembali melonjak karena padatnya penghuni asrama pekerja migran.

Sebelum penyakit yang berasal dari virus corona baru ini memiliki nama, Singapura melakukan pembatasan perjalanan yang ketat dan operasi pelacakan kontak yang efisien yang mengandung penyebaran virus. Namun dalam beberapa hari terakhir, jumlah kasus yang dikonfirmasi telah meroket. Hari Kamis (9/4), merupakan hari tertinggi infeksi baru yakni sebanyak 287, naik dari 142 pada hari sebelumnya.

Dilansir di BBC, Jumat (10/4), ini sebagian besar berasal dari akomodasi pekerja migran yang padat. Berusaha menghindarinya selama berbulan-bulan, Singapura sekarang berada di bawah lockdown sebagian, dengan sekolah dan bisnis yang tidak penting ditutup, dan orang-orang didesak untuk tetap di rumah.

Setiap orang dilarang meninggalkan rumah mereka kecuali untuk kegiatan dan olahraga penting, dengan denda hingga 10 ribu dolar Singapura atau enam bulan penjara.

Menurut Prof Yik-Ying Teo, dekan Sekolah Kesehatan Masyarakat Saw Swee Hock di Singapura kebijakan ini akan efektif. Ia menekankan bahwa sementara mungkin masih ada peningkatan jumlah dalam jangka pendek, itu adalah refleksi dari apa yang terjadi dalam tujuh hari terakhir. "Itu tidak berarti tindakan yang diambil tidak bekerja," kata Prof. Teo.

Namun kenaikan eksponensial yang mengkhawatirkan dalam minggu lalu adalah sekitar populasi pekerja migran Singapura atau ratusan ribu pria dari negara-negara miskin yang dipekerjakan dalam konstruksi, pengiriman, dan pemeliharaan. Singapura sangat bergantung pada para pekerja ini untuk menjaga ekonominya tetap beroperasi, tetapi mereka adalah pekerjaan di mana jarak sosial tidak mungkin dilakukan.

Terlebih lagi, pekerja diharuskan oleh hukum untuk tinggal di asrama. Asrama ini adalah fasilitas yang dikelola secara pribadi yang menampung hingga 12 orang per kamar, dengan kamar mandi bersama, fasilitas memasak, dan fasilitas sosial.

Tampaknya hampir tak terhindarkan bahwa asrama ini akan menjadi kelompok, dan memang mereka melakukannya. Hampir 500 kasus kini telah dikonfirmasi di beberapa cluster asrama, satu fasilitas saja merupakan 15 persen dari semua kasus secara nasional.

Menteri Pembangunan Nasional Lawrence Wong mengatakan pada hari Kamis (9/4) bahwa jika diketahui sebelumnya seberapa cepat virus dapat menyebar, mereka akan melakukan hal-hal yang berbeda. Tetapi banyak pekerja tetap melakukan pekerjaan mereka meskipun memiliki gejala. Kekhawatirannya adalah bahwa pada minggu depan atau lebih, angka-angka ini akan meledak.

Prof Teo mengatakan apa yang telah terjadi di asrama merupakan indikasi apa yang akan terjadi di beberapa negara lain, khususnya negara berpenghasilan menengah ke bawah, dan negara-negara dengan sumber daya kurang baik.

"Yang harus Anda lakukan adalah melihat banyak negara di Asia Selatan, Asia Tenggara, sebagian Afrika dan ada banyak komunitas di mana kondisi kehidupannya sangat mirip dengan asrama," jelasnya.

Dia mengatakan, kebutuhan sekarang adalah agar semua pemerintah melihat negara mereka dengan kacamata yang jujur ​​dan transparan dalam hal apa yang dapat mereka lakukan untuk meminimalkan risiko wabah yang tak terkendali di mana orang hidup sangat berdekatan.

Lebih dari 24 ribu pekerja kini terkurung di asrama mereka, dengan upah penuh dan makanan yang disediakan.  Pemerintah mengatakan mereka juga secara agresif melakukan tes dan telah mulai memindahkan beberapa warga bebas virus ke properti kosong atau kamp militer untuk mencoba mengurangi kepadatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement