Sabtu 11 Apr 2020 13:09 WIB

AS Masukkan Gaji Pemuka Agama dalam Paket Stimulus Ekonomi

Paket stimulus untuk pemuka agama akibat pandemi Covid-19.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
AS Masukkan Gaji Pemuka Agama dalam Paket Stimulus Ekonomi. Foto (Ilustrasi): Masjid Bellevue di Islamic Center of Nashville, Amerika Serikat.
Foto: icnbm.org
AS Masukkan Gaji Pemuka Agama dalam Paket Stimulus Ekonomi. Foto (Ilustrasi): Masjid Bellevue di Islamic Center of Nashville, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gaji para pendeta, rabi, imam, dan karyawan lain dari kelompok agama yang terkena dampak ekonomi dari virus corona jenis baru (Covid-19) akan ditanggung oleh pemerintah federal. Hal ini dimasukkan ke dalam paket stimulus Amerika Serikat yang dikeluarkan akibat pandemi Covid-19.

Undang-Undang Peduli multi-triliun dolar yang mulai berlaku pekan ini memberikan perlindungan gaji untuk perusahaan swasta dan organisasi nirlaba melalui Administrasi Bisnis Kecil. Dilansir di Stars and Stripes, Sabtu (11/4), uang mengalir melalui bank dan pada dasarnya adalah pinjaman untuk menutupi penggajian bagi organisasi yang hancur oleh penutupan sosial.

Baca Juga

Jika organisasi mempertahankan pekerjanya sebagai staf, pinjaman tersebut diampuni. Bagi sebagian orang, uang publik yang digunakan untuk tujuan religius jelas mengkhawatirkan dan inkonstitusional, sementara yang lain mengatakan bahwa Amerika sedang dalam krisis dan karyawan agama membutuhkan perlindungan ekonomi yang sama seperti yang dilakukan pekerja Amerika lainnya.

"Meskipun pada saat seperti ini mungkin tidak mudah untuk mengatakan kepada mereka yang mencari bantuan bahwa biaya-biaya tertentu tidak memenuhi syarat untuk pengampunan pinjaman, batasan dana pemerintah untuk kegiatan keagamaan adalah batasan penting yang ada untuk melindungi kebebasan beragama bagi semua orang," kata salah satu perwakilan pemerintah dalam surat kepada Administrator SBA, Jovita Carranza dari enam kelompok progresif nasional, yang sebagian besar berbasis agama.

Direktur Pendiri Pusat Kebebasan Beragama Charles Haynes mengatakan, dia tidak tahu ada preseden bagi pemerintah membayar gaji pendeta. Namun, ia dan pakar hukum dan agama lainnya mengatakan Mahkamah Agung telah menjadi lebih permisif dalam satu atau dua dekade terakhir ketika menyangkut pendanaan pemerintah untuk kelompok-kelompok agama.

Dimulai saat pemerintahan Presiden Bill Clinton pada 1990-an, pejabat pemerintah semakin mampu membeli layanan dari penyedia layanan sosial keagamaan. Clinton, George W. Bush dan Barack Obama menciptakan dan memperluas kantor berbasis agama di lembaga-lembaga federal yang bekerja untuk memastikan kelompok-kelompok agama tidak berpaling dari kemitraan publik-swasta.

Ada juga lebih banyak putusan pengadilan yang mendukung sekolah paroki yang mencari akses ke dana publik, dan pada tahun 2017 Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan untuk pertama kalinya bahwa pemerintah negara bagian tidak dapat menolak dana publik langsung ke rumah ibadah hanya karena mereka beragama.

Haynes mengatakan zona larangan-pergi semakin sempit. Jika Kongres mengatakan pihaknya akan memasukkan uang ke dalam paket stimulus untuk membantu rumah-rumah ibadah, kata dia, bahkan Mahkamah Agung ini akan mengatakan hal itu itu tidak konstitusional.

Banyak pemimpin agama sangat khawatir penutupan akibat Covid-19 dan pukulan menyeluruh terhadap dompet orang Amerika dapat melumpuhkan atau menutup banyak rumah ibadah dan kelompok nirlaba berbasis agama lainnya. Pengamat gereja-negara terkemuka mengatakan UU Cares bukanlah hubungan apa pun antara pemerintah dan agama dan lebih seperti pinjaman bank sederhana.

"Saya tidak melihat itu sebagai lebih dari koneksi pemerintah daripada rekening bank yang diasuransikan FDIC atau rumah ibadah yang memanggil pemadam kebakaran setempat," kata Presiden Kebijakan Publik dari Southern Baptist Convention Russell Moore.

Pihaknya menentang pendanaan pemerintah dari kementerian apa pun. SBA merilis pedoman untuk program perlindungan gaji awal pekan ini, dan aturan akan segera selesai. 

Direktur Kebijakan dan Advokasi untuk Aliansi Antaragama Katy Joseph merupakan salah satu pemimpin dari kelompok itu yang menulis surat protes tentang uang tersebut. 

"Biasanya aturan akan terbuka untuk umpan balik publik sebelum difinalisasi, tetapi karena ini darurat, aturan itu akan segera berlaku, katanya. Komentar publik akan diizinkan nanti. Telah ada perdebatan sejak berdirinya negara tentang hubungan keuangan yang tepat antara gereja dengan negara," ungkapnya. 

Pertanyaan-pertanyaan itu sebagian berpusat pada apakah pemerintah melanggar Amandemen Pertama soal membangun sebuah agama atau mendukung keyakinan tertentu, atau keyakinan sama sekali, dengan memberikan uang untuk keperluan keagamaan.

Mereka juga berpusat pada apakah kelompok agama dapat dirugikan atau dirusak oleh intrusi pemerintah, termasuk oleh uang yang datang dengan persyaratan atau aturan yang mungkin melanggar atau mencampuri ajaran atau nilai-nilai agama.

Moore menulis di blognya, pekam ini, bahwa dia mendengar dari beberapa pendeta yang prihatin bahwa mengambil uang pemerintah bisa jadi masalah. Banyak negara telah lama melarang uang pemerintah digunakan untuk tujuan keagamaan, langkah-langkah yang sering ditanggalkan dikhawatirkan akan kembali ke sentimen anti-Katolik.

"Selama bertahun-tahun semakin separatis 'absolutis' memegang kendali," kata Haynes.

Seorang ahli agama dan hukum di Universitas Washington di St. Louis John Inazu mengatakan, baru-baru ini pengadilan menjadi lebih permisif. Ketegangan utama akhir-akhir ini, kata Inazu, adalah apakah pendanaan seperti program perlindungan penggajian harus dipandang sebagai pemerintah mendanai agama secara langsung atau pemerintah mendanai sejumlah besar aktor yang mencakup beberapa aktor agama.

"Kelompok-kelompok agama sudah mendapatkan uang pemerintah dengan berbagai cara," katanya.

Dana itu termasuk pinjaman yang didukung pemerintah federal dan pembebasan pajak federal yang berjumlah manfaat finansial. Inazu tidak yakin apakah melihat uang Cares Act sebagai sebuah ekspansi kemanusiaan.

"Faktanya adalah bahwa undang-undang ini secara tegas membayar gaji karyawan. Hal itu menimbulkan pertanyaan tentang pendanaan langsung para pendeta melalui uang pajak yang dalam beberapa hal merupakan masalah yang lebih runcing daripada yang telah kita lihat dalam beberapa waktu," katanya.

Sebagaimana diketahui, saldo Mahkamah Agung saat ini dalam ukuran 5-4. Haynes mendukung lebih banyak keterbukaan terhadap dukungan pemerintah terhadap agama, meskipun ia mengatakan di masa lalu itu bukan pendanaan langsung dari aspek keagamaan dari pekerjaan organisasi.

"Inti dari penghancuran agama pada awalnya adalah hilang dalam kabut krisis ini," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement