Selasa 14 Apr 2020 15:41 WIB

Bolt Serukan Social Distancing dengan Cara Unik

Bolt mengunggah fotonya saat meninggalkan lawan-lawannya di lintasan lari.

Usain Bolt
Foto: REUTERS/Lucy Nicholson
Usain Bolt

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelari Usain Bolt berpartisipasi menyerukan pencegahan penyebaran virus corona dengan menjaga jarak. Namun, cara Bolt unik dan sedikit jemawa, yakni mengunggah fotonya saat meninggalkan lawan-lawannya di lintasan lari.

Bolt yang sudah pensiun menunjukkan masih beberapa langkah di depan ketika memajang foto saat meninggalkan saingan-saingannya pada Olimpiade Beijing dengan diberi judul: "social distancing" (membuat jarak sosial). Unggahan Bolt tersebut, yang menampilkan foto hasil jepretan fotografer AFP Nicolas Asfouri pada final 100 m Olimpiade 2008, meledak di media sosial, disukai lebih dari setengah juta orang dan di-retweet 90 ribu kali lebih.

Foto itu menunjukkan pelari terkenal asal Jamaika tersebut melintasi garis finis di Stadion Bird Nest dengan catatan waktu yang menciptakan rekor dunia 9,69 detik dari lintasan empat. Sementara itu, saingannya tertinggal dua langkah di belakang.

"Keji," komentar seorang pengguna Twitter. Jurnalis New York Times Christopher Clarey menambahkan foto lainnya yang menunjukkan Bolt di depan sendirian, dengan diberi judul "isolasi diri".

Bolt juga memenangi nomor 200 m dengan waktu yang juga menjadi rekor dunia. Ia pensiun pada 2017 dengan delapan medali Olimpiade dan memegang rekor 100 m dengan catatan waktu 9,58 detik, yang dicetak pada 2009.

Bolt (33) telah mendorong warga Jamaika untuk melakukan isolasi diri selama pandemi virus corona, dengan mengunggah video dirinya berolahraga di rumah dan melakukan juggling bola sepak bersama temannya. Ia juga membantu mempromosikan penggalang dana besar, Telethon Jamaica.

Setelah pensiun dari atletik, Bolt, seorang penggemar Manchester United, berusaha untuk memulai karier di sepak bola. Ia pernah diuji coba oleh Central Coast Mariners Australia sebelum pembicaraan kontraknya gagal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement