Saudi Larang Tukang Cukur dan Guru Privat Masuk Rumah

Rabu , 15 Apr 2020, 17:45 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Larangan tukang cukur dan guru privat masuk rumah untuk cegah Covid-19  di Arab Saudi. Bendera Arab Saudi.
Larangan tukang cukur dan guru privat masuk rumah untuk cegah Covid-19 di Arab Saudi. Bendera Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, TABUK— Pemerintah Saudi membuat kebijakan untuk menghentikan beberapa kegiatan di rumah untuk mencegah penularan virus corona terutama yang melibatkan penggunaan alat umum, orang yang harus menunggu, berkerumun, dan kontak langsung.

 

Terkait

Dampaknya beberapa pekerjaan terhambat karena tidak diizinkan memasuki rumah pelanggan. Mereka adalah tukang cukur, ahli kecantikan wanita, penjual gas, sales marketing, dan tutor pribadi. Ada pengecualian untuk beberapa pekerjaan seperti tukang ledeng dan tukang listrik tetap diizinkan.  

Baca Juga

Dilansir di saudigazette.com.sa, Selasa (14/4) tentang perkembangan tersebut, Sultan Turki, seorang warga negara, mengatakan bahwa dia ingin mengenakan masker dan sarung tangan saat melibatkan pekerja di rumah, serta memberi pekerja masker dan sarung tangan jika dia tidak memilikinya.  

"Saya juga memperingatkan para pekerja untuk mensterilkan peralatan mereka, membatasi area kerja mereka ke ruang terkecil di dalam rumah. Saya juga mencegah mereka bergerak di sekitar rumah, mensterilkan tempat setelah mereka pergi dan memastikan untuk menjauhkan anak-anak dari pekerja setelah mengisolasi mereka di sebuah ruangan," jelas dia. 

Rashid Abdullah, seorang warga Saudi lainnya mengatakan, setuju dengan guru privat putranya untuk membatasi diri tidak mengajar secara tatap muka. 

Namun dia menggantinya dengan pengajaran menghubungi melalui telepon dan menetapkan satu jam setiap hari untuk melanjutkan pelajaran putranya dari jarak jauh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini