Baznas Opitimis Penghimpunan ZIS Bulan Ramadhan Capai Target

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 21 Apr 2020 21:49 WIB

Baznas Opitimis Penghimpunan ZIS Bulan Ramadhan Capai Target. Foto: Ilustrasi Zakat Foto: Republika/Mardiah Baznas Opitimis Penghimpunan ZIS Bulan Ramadhan Capai Target. Foto: Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Suasana Ramadhan tahun ini berbeda dari biasanya karena adanya musibah pandemi Covid-19. Virus ini pun telah berdampak pada perekonomian masyarakat Indonesia. Kendati demikian, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tetap optimis penghimpunan Zakat Infaq Sedekah (ZIS) pada Ramadhan tahun ini mencapai target dan bahkan meningkat dari Ramadhan sebelumnya. 

“Kami optimis dapat mencapai target yang kita tetapkan di Ramadhan ini. Dan Saya kira tidak hanya Baznas pusat, tapi saya dengar juga Baznas seluruh Indonesia juga sedang menggeliat,” ujar Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (21/4).

Baca Juga

Direktur Penghimpunan Baznas ini menjelaskan, Baznas tetap optimis dikarenakan dua hal. Pertama, kata dia, karena wabah Covid-19 ini telah membuat Baznas lebih aktif dalam memberikan bantuan atau program kerjanya di lapangan, sehingga kemudian banyak direspon positif oleh masyarakat.

Nah, sampai sekarang walaupun dalam kondisi Covid-19 ini, banyak pencapaian kita sampai bulan Maret kemarin mencapai target. Jadi dalam kondisi Covid-19 pencapaian target Baznas tercapai, bahkan melampui sedikit, kita melampui 4 persen,” ucapnya.

Kedua, Arifin optimis Baznas akan mencapai target penghimpunan di bulan Ramadhan karena meningkatnya kedermawanan masyarakat ditegah Covid-19. Misalnya, kata dia, banyak sekali masyarakat dan beberapa perusahaan yang menyalurkan bantuannya ke rekening Dompet Covid-19.

“Jadi mayarakat muslim Indonesia dengan potensi yang luar biasa telah meningkatkan berbagai donasinya, baik zakat infaq dan sedekah untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid,” katanya.

Dia menjelaskan, pada Ramadhan tahun ini Baznas telah meningkatkan target penghimpunan ZIS sebesar 30 persen dari tahun lalu atau sekitar Rp 4 triliun se-Indonesia. Karena itu, dia yakin penghimpunan ZIS pada Ramadhan akan meningkat.

“Pasti insyAllah naik. Jadi sekarang kan targetnya dinaikkan sekitar 30 persen dari tahun lalu, itu targetnya di Ramadhan,” jelasnya.

Dalam menjalankan program di bulan suci Ramadhan, tambah dia, Baznas tetap akan membuat pelayanan yang nyaman bagi masyarakat yang ingin menyalurkan ZIS, baik melalui digital maupun penjemputan.

“Dari angka yang kami dapatkan di bulan Maret, juga belum ada tanda-tanda penurunan dari target yang direncanakan oleh Baznas,” katanya.