Rabu 22 Apr 2020 02:01 WIB

Kasus Positif Corona di Kota Bandung Paling Banyak di Cicedo

Kecamatan Cicendo menjadi wilayah paling banyak kasus positif corona di Kota Bandung.

Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan Kecamatan Cicendo masih menjadi kawasan yang paling tinggi jumlah kasus positif virus corona baru atau Covid-19 di Kota Bandung. Sementara Kecamatan Sukasari, menjadi satu-satunya wilayah di Kota Bandung yang belum ada kasus positif Covid-19.

"Saat ini zona merah paling tinggi itu Kecamatan Cicendo. Mudah-mudahan karena kita sudah tahu by name by addres juga siapa PDP ODP, treatmennya jadi lebih baik," kata Yana saat di Polrestabes Bandung, Selasa (22/4).

Baca Juga

Berdasarkan data Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) Kota Bandung, di wilayah Kota Bandung sebagian besar dari 30 kecamatan sudah berstatus sebagai zona merah. Hanya menyisakan satu kecamatan, yakni Kecamatan Sukasari yang masih berstatus zona kuning tanpa kasus positif Covid-19.

Sementara itu, di Kecamatan Cicendo sendiri terdapat 20 kasus positif Covid-19, 8 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), 6 orang berstatus orang dalam pengawasan (ODP). Dari 20 kasus positif itu, terdapat 2 orang yang berhasil sembuh dan 3 orang yang meninggal dunia.

 

Kecamatan Cicendo merupakan kawasan pertama di Kota Bandung yang terdapat kasus positif Covid-19 berdasarkan data Pusicov yang dihimpun sejak 17 Maret 2020. Sejak saat itu, data kasus positif Covid-19 di Kecamatan Cicendo hingga kini terus meningkat.

Selain itu, terdapat dua kecamatan yang berstatus zona merah dan masing-masing terdapat satu kasus positif Covid-19 dan tanpa adanya pasien hingga meninggal dunia. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Cinambo dan Kecamatan Cidadap.

Kemudian data Pusicov menunjukkan bahwa Kecamatan Arcamanik menjadi kawasan yang paling banyak menelan korban jiwa. Di kecamatan itu terdapat 4 orang meninggal dunia dari total 6 kasus positif Covid-19.

Selama pelaksanaan PSBB, Yana mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung bakal juga memasifkan pelaksanaan sejumlah tes untuk mengetahui lebih banyak peta penyebaran virus corona. Sehingga meskipun ada orang tanpa gejala (OTG), pihak Gugus Tugas bakal mengetahui dan menangani orang tersebut agar tidak dapat menyebarkan.

"Makanya mari sama-sama 14 hari ini untuk memutus (penyebaran), cukup saya yang merasakan bagaimana sakit dan beratnya perjuangan melawan COVID-19, saya tidak mau ada lagi warga saya yang terkena virus ini. Saya berharap PSBB selesai 14 hari," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement