Sabtu 25 Apr 2020 04:24 WIB

Sembilan Kasus Positif Corona di Aceh

Seorang warga dari Manggeng dinyatakan positif Corona.

Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Seorang warga dari Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Dengan begitu kini jumlah kasus positif corona di Tanah Rencong menjadi sembilan orang.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin, Jumat malam, membenarkan penambahan satu kasus positif Covid-19 di Aceh, yakni perempuan berinisial AS, berumur 42 tahun. "Iya benar, PDP dari Abdya hasil uji swab-nya positif corona," katanya di Banda Aceh.

Baca Juga

Pasien AS dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil pemeriksaan sampel lendir (swab) tenggorokan di Badan Litabangkes milik Kemenkes RI di kawasan Siron, Kabupaten Aceh Besar, yang di RSUD Zainoel Abidin pada Jumat sore.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin, dr Endang Mutiawati menjelaskan bahwa AS merupakan PDP yang positif hasil tes cepat di RSUD Teuku Peukan Abdya, sehingga dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh untuk pengambilan swab.

Sepekan kemudian, tepatnya pada (18/4), hasil pemeriksaan swab AS dari Badan Litbangkes Kemenkes RI di Jakarta menyatakan hasilnya negatif Covid-19, sehingga diperbolehkan pulang dan menjalankan isolasi mandiri di rumah.

Namun, sebelum kembali ke Abdya, petugas medis mengambil kembali swab tenggorokan AS, yang diperiksa di Badan Litbangkes Kemenkes RIbdi Siron, Aceh Besar, dan hasilnya positif Covid-19.

"Iya itulah masih rancu, dari Siron hasil (swab)-nya positif, dari Jakarta negatif. Kalau kedua-duanya positif itu yang berat. Ini kan masih ada kemungkinan salah atau bagaimana," katanya.

Bahkan, kata dia, selama menjalani perawatan di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, AS juga menunjukkan kondisi kesehatan klinis yang baik.

Kendati demikian, karena hasil positif ini maka AS akan dijemput sesuai prosedur penanganan pasien COVID-19 untuk dibawa kembali ke RSUD Zainoel Abidin, guna kembali dilakukan pemeriksaan swabnya.

"Iya lah (dijemput), lagi dikoordinasikan. Besok dites swab lagi, barang kali (pemeriksaan) yang kedua ini (hasilnya) negatif," katanya.

Untuk diketahui, pasien positif Covid-19 di Tanah Rencong telah berjumlah sembilan orang, dengan rincian empat orang masih dalam perawatan, empat orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement