Selasa 28 Apr 2020 03:04 WIB

Satu Pasien Positif Covid-19 di Garut Sembuh

Pasien perempuan itu jadi kasus pertama di Kabupaten Garut yang dinyatakan sembuh.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Petugas medis menunjukkan hasil sampel saat tes swab
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Petugas medis menunjukkan hasil sampel saat tes swab

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut mengofirmasi sembuhnya seorang pasien positif Covid-19. Pasien berjenis kelamin perempuan dengan usia 45 tahun asal Kecamatan Tarogong Kaler itu, dinyatakan negatif Covid-19 atau sembuh setelah dilakukan tes swab.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium PCR (swab) tanggal 23 April dan 24 April 2020, hasilnya dinyatakan negatif Covid-19 atau dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizki Darajat, dalam keterangan resmi, Senin (27/4).

Ia mengatakan, itu merupakan kasus pertama di Kabupaten Garut yang dinyatakan sembuh. Sebelumnya, pasien pasien melakukan proses isolasi mandiri sejak ditetapkan sebagai ODP reaktif dan dilanjutkan proses perawatan di rumah sakit ketika dipastikan positif Covid-19. Kendati demikian, pasien yang dinyatakan sembuh itu tetap harus mengikuti protokol kesehatan.

"Pasien harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan sejak dinyatakan sembuh dengan pemantauan keluarga, pemerintahan dan puskesmas setempat," kata dia.

Meski terdapat satu pasien sembuh, kasus Covid-19 di Kabupaten Garut meningkat secara akumulatif. Ricky mengatakan, pada Senin dilaporkan penambahan dua kasus baru pasien positif Covid-19.

Ricky menjelaskan, dua pasien itu merupakan warga negara asing (WNA), yaitu laki-laki berusia 42 tahun dan 51 tahun). Dua WNA itu diketahui selama ini tinggal ini di salah satu tempat di Kecamatan Tarogong Kaler.

"Keduanya memiliki riwayat perjalanan dari wilayah zona merah. Kondisi saat ini sudah masuk RSUD dr Slamet untuk mendapatkan penanganan medis," kata dia.

Hingga saat ini, terdapat sembilan kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Garut. Sebanyak enam pasien dalam perawatan di rumah sakit, satu orang melakukan isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium, satu pasien dinyatakan sembuh, dan satu kasus meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement