Selasa 28 Apr 2020 21:28 WIB

Saudi Luncurkan Platform Daring Pelatihan Kaligrafi Arab

Melalui platform itu, para pakar akan mengajarkan dasar-dasar kaligrafi Arab.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Saudi Luncurkan Platform Daring Pelatihan Kaligrafi Arab. Foto ilustrasi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Saudi Luncurkan Platform Daring Pelatihan Kaligrafi Arab. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Kebudayaan Arab Saudi meluncurkan platform elektronik pertama untuk mengajarkan kaligrafi Arab dan dekorasi Islam. Dengan dukungan dari salah satu program dari Visi Kerajaan 2030, Program Kualitas Hidup, platform yang diresmikan itu bernama "Alkhattat (kaligrafer)" yang bisa diakses di laman  https://www.alkhattat.net.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, seperti dilansir di Saudi Gazette, Selasa (28/4), platform elektronik itu akan diawasi oleh sekelompok kaligrafer profesional dari Saudi dan dunia Arab. Melalui platform itu, mereka akan mengajarkan dasar-dasar kaligrafi Arab, seni dan metodenya melalui kursus pelatihan, proyek, dan lokakarya profesional.

Baca Juga

Platform Kaligrafer itu merupakan salah satu inisiatif yang telah meraih dukungan dari Kementerian Kebudayaan dalam inisiatif 'Tahun Kaligrafi Arab'. Platform ini akan menyediakan kesempatan bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari kaligrafi Arab dan dekorasi Islam untuk mendapatkan pelajaran yang berkualitas oleh para profesional dan spesialis.

Di platform ini, peserta akan diberi pilihan memilih kaligrafi yang ingin ia pelajari dan kaligrafer yang ia sukai untuk menjadi instrukturnya. Selama periode pelatihan, peserta pelatihan akan diberikan aplikasi dan latihan, di mana ia akan memperoleh keterampilan artistik yang ingin ia pelajari.

 

Platform ini menawarkan berbagai kursus pelatihan, termasuk kursus profesional dalam jenis kaligrafi Arab, penjelasan huruf dan cara menggabungkannya. Selain itu, akan ada pelatihan menulis kata-kata dan ekspresi, memperbaiki tulisan tangan, pelatihan membuat lukisan kaligrafi dan karya seni dalam kaligrafi Arab, formasi huruf, penyepuhan, dekorasi Islami, menggambar dan mewarnai, seni marbling atau seni kertas lukis Ebru (seni jarum).

 

Tidak hanya itu, platform ini juga akan memberikan kesempatan bagi para peserta pelatihan untuk mengembangkan font (jenis huruf) komputer Arab dengan mempelajari desain dan pemrograman font. Dukungan yang diberikan Departemen Kebudayaan untuk platform ini merupakan bagian dari perayaan kaligrafi Arab, sejarah dan simbol-simbolnya, di bawah inisiatif 'Tahun Kaligrafi Arab'. Inisiatif ini berisi berbagai kegiatan dan acara selama rentang 2020 dan 2021. Tahun kaligrafi Arab ini termasuk inisiatif untuk menjaga kaligrafi Arab dan merayakan seni Arab, yang dilakukan bekerja sama dengan invididu, otoritas resmi serta entitas swasta yang peduli tentang seni Arab.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement