Selasa 28 Apr 2020 23:12 WIB

Din Dorong Ilmuwan Muslim Ciptakan Lompatan Pemikiran

Ilmuwan Muslim didorong melakukan tindakan nyata, bukan hanya kajian teologis.

Din Dorong Ilmuwan Muslim Ciptakan Lompatan Pemikiran. Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Din Dorong Ilmuwan Muslim Ciptakan Lompatan Pemikiran. Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin mendorong ilmuwan Muslim menciptakan lompatan pemikiran sehingga umat Islam tidak hanya berhenti pada kajian teologis dan berkutat di ranah itu.

"Ini tantangan Islam, ilmuwan Muslim untuk membuat peradaban. Saat ini harus mampu mendobrak lingkaran setan peradaban untuk kita ubah menjadi lingkaran keutamaan peradaban," kata Din, yang kini Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pondok Labu itu, dalam pengajian daring yang dipantau dari Jakarta, Selasa (28/4).

Baca Juga

Din yang juga ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia itu mengatakan, peradaban saat ini lebih banyak terjebak dalam lingkaran setan yang terpusat pada kapitalisme dan materialisme sehingga kerap memicu kesenjangan sosial, kerusakan alam dan lain-lain. Untuk itu, mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu berharap banyak pada ilmuwan Muslim tetap pada kajian teologis, tetapi diperkaya dengan tindakan nyata sehingga bisa memberi manfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

"Pada deduksi teologis, ada musibah kita kembali ke Allah. Dari musibah itu harus menuju ada ujian cobaan maka perlu introspeksi mawas diri dan berlanjut pada aksi nyata," kata dia, seraya mengimbau gerakan riil di tengah wabah Covid-19 saat ini.

Dia juga mengimbau umat agar lebih produktif, tidak terjebak pada perdebatan silang pendapat yang melelahkan. "Jangan terus berdebat fatwa, kita harus ada lompatan pemikiran," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement