Rabu 29 Apr 2020 12:06 WIB

Banjir di Barito, Kalteng Capai Lebih dari 1 Meter

Banjir karena curah hujan tinggi dan limpasan air dari kabupaten tetangga.

Banjir setinggi 135 sentimeter melanda Barito Utara, Kalimantan Tengah, Rabu (29/4).
Foto: BNPB
Banjir setinggi 135 sentimeter melanda Barito Utara, Kalimantan Tengah, Rabu (29/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa kelurahan di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah masih tergenang akibat banjir. Ketinggian muka air sekitar 15 hingga 135 sentimeter. Empat kelurahan tersebut tersebar di dua kecamatan, yakni Teweh Tengah dan Lahei.

"Tiga kelurahan di Kecamatan Lahei terdampak banjir berlokasi di Kelurahan Lahei I dan Lahei II, sedangkan di Kecamatan Teweh Tengah berada di Kelurahan Jingah dan Jambul. Air mulai menggenangi wilayah tersebut pada Rabu pagi (29/4) sekitar pukul 08.00 waktu setempat," kata Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB dalam rilisnya, Rabu (29/4).

BPBD Kabupaten Barito Utara melaporkan masih mendata korban terdampak. Pantauan sementara, beberapa korban mengungsi ke rumah sanak saudara maupun tetangga. Selain itu, rumah terdampak masih juga dalam pendataan.

Banjir ini dipicu salah satunya curah hujan dengan intensitas tinggi. Banjir terpantau karena limpasan air dari wilayah Kabupaten Murung Raya.

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Barito Utara melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Hingga pukul 10.00 hari ini genangan masih terjadi, sedangkan cuaca berawaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement