Rabu 29 Apr 2020 16:28 WIB

Karier Irrfan Khan, Aktor Muslim Sukses Tembus Hollywood

Karier Irrfan Khan, Aktor Muslim Sukses Tembus Hollywood

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Irffan Khan: Karier Irrfan Khan, Aktor Muslim Sukses Tembus Hollywood
Irffan Khan: Karier Irrfan Khan, Aktor Muslim Sukses Tembus Hollywood

VIVA – Aktor India, Irrfan Khan meninggal dunia Rabu, 29 April 2020 di usia 53 tahun karena infeksi usus. Aktor yang sukses meraih popularitas di Hollywood ini diketahui sempat menderita penyakit langka, tumor neuroendocrine.

Irrfan lahir di Jaipur, India pada 7 Januari 1967. Ia merupakan anak dari keluarga muslim yang taat. Ia pindah ke Mumbai untuk memulai kariernya beraktingnya di TV pada tahun 1980-an. Ia lantas bertransisi ke layar lebar pada tahun 1990-an.

Namun, popularitasnya melejit saat menjadi peran utama di film 2001 peraih piala BAFTA berjudul The Warrior. Demikian dilansir dari laman Mirror, Rabu, 29 April 2020.

Peran pertamanya di film Bollywood adalah melalui film Rog tahun 2005 silam. Beberapa tahun setelahnya, ia dikenal sering memerankan tokoh penjahat.

Irrfan Khan pun sukses menembus Hollywood lewat film Slumdog Millionaire tahun 2008. Dalam film tersebut, dia berperan sebagai inspektur polisi.

Sutradara film tersebut, Danny Boyle pernah mengatakan kalau Irrfan punya cara menggunakan instingnya untuk menemukan pusat moral di berbagai karakter.

"Jadi di Slumdog Millionaire, kami percaya bahwa polisi mungkin menyimpulkan kalau Jamal (tokoh yang diperankan Irrfan) tidak bersalah," ujarnya.

Setelah film itu, Irrfan mulai wara-wiri di berbagai film Hollywood terkenal, mulai dari New York, I Love You, The Amazing Spider-Man, film peraih nominasi BAFTA, The Lunchbox dan film peraih Oscar Life of Pi.

Pada tahun 2015, ia kembali membintangi film blockbuster lainnya, yakni Jurassic World. Dalam film itu, ia memerankan orang super kaya pemilik pulau berisi taman dinosaurus, Simon Masrani.

Film terakhir Irrfan Khan adalah Angrezi Medium, yang merupakan film berbahasa India tahun 2020.

Irrfan meninggalkan istri, Sutapa Sikdar dan dua orang anak laki-laki bernama Babil dan Ayan. Irrfan Khan dan Sutapa menikah pada 23 Februari 1995. Sang istri merupakan seorang penulis lulusan NSD.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement