Kamis 30 Apr 2020 21:02 WIB

Lab FK Unand: 80 Persen Positif Covid-19 Sumbar Adalah OTG

Itu bagus untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Laboratorium Diagnostik Riset Terpadu Penyakit Infeksi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang mampu memeriksa kurang lebih 400 spesimen covid-19 perhari.
Foto: Febrian Fachri
Laboratorium Diagnostik Riset Terpadu Penyakit Infeksi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang mampu memeriksa kurang lebih 400 spesimen covid-19 perhari.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Laboratorium Diagnostik Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Andani Eka Putra mengatakan, sebanyak 80 persen orang yang dinyatakan positif covid-19 hasil pemeriksaan Lab FK Unand adalah orang tanpa gejala (OTG). Pada Senin-Selasa (27-28/4), angka positif covid-19 di Sumbar sempat meningkat tajam yakni 19 orang dan 23 orang berturut-turut dinyatakan positif tertular virus corona. Sebanyak 19 orang dan 23 orang pada Senin dan Selasa tersebut nyaris semuanya merupakan OTG.

"Jadi yang banyak kita temukan positif itu adalah orang tanpa gejala. Itu kan bagus untuk memutus mata rantai penularan Covid-19," kata Andani kepada Republika di Lab FK Unand di Padang, Kamis (30/4).

Andani menjelaskan, sebagai kepala lab merasa bahagia bila menemukan positif Covid-19 dari OTG. Karena di situ, dia merasa Lab FK Unand dapat memutus mata rantai penularan. Karena potensi penularan dari OTG lebih riskan ketimbang pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP). 

Sementara Lab FK Unand, kata Andani, hanya menemukan sekitar 20 persen kasus positif Covid-19 dari PDP. Meski begitu, perioritas pemeriksaan spesimen yang dilakukan Lab FK Unand tetap PDP. Setelah itui baru ODP dan OTG. 

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatra Barat Jasman Rizal mengatakan, hari ini  terdapat penambahan 3 orang pasien positif terjangkit virus corona di Sumbar. Total pasien positif Covid-19 di Sumbar sekarang ini sebanyak 148 orang. 

Dari total 148 orang positif corona di Sumbar, 40 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 33 orang, 26 orang isolasi di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 15 orang dan sembuh 25 orang.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar sekarang ini sebanyak 8.028 orang. ODP yang masih proses pemantauan 409 orang dan sudah selesai pemantauan 7.619 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumbar sekarang ini sebanyak 379 orang. Dari 379 PDP tersebut, 49 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Sudah dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 322 orang dan isolasi diri di rumah 8 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement