Jumat 01 May 2020 16:49 WIB

Kronologi Tes Swab 53 Tenaga Medis RS Sardjito

Keluarga pasien telat memberitahukan soal suami yang terpapar virus Corona.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Teguh Firmansyah
Ruang Isolasi Khusus. Perawat memeriksa alat di ruang isolasi khusus Melati V di RSUP Sardjito, Yogyakarta.
Foto: Republika/ Wihdan
Ruang Isolasi Khusus. Perawat memeriksa alat di ruang isolasi khusus Melati V di RSUP Sardjito, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Pihak Rumah Sakit mengungkap kronologi tes swab tenaga medis RS Sardjito. Tes ini bermula dari pasien perempuan yang positif Covid-19.  

Pasien yang sudah diisolasi di RSUP Dr. Sardjito, Sleman itu diketahui tertular dari sang suami. Awalnya pasien perempuan ini dirawat bukan karena faktor Covid. Selama dirawat ia ditunggui oleh suaminya tersebut. 

Baca Juga

"Didapati pasien non Covid-19 yang sedang dirawat ternyata positif yang tertular dari suaminya," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan, Jumat (1/5).

Pasien maupun keluarga pasien ini terlambat memberi informasi kepada tenaga medis di Sardjito terkait riwayat perjalanan maupun kontak dengan orang yang terkonfirmasi Covid-19. Sehingga, menyebabkan 53 tenaga medis di Sardjito harus menjalani tes swab.

Banu menyebut, saat suami pasien tersebut menemani di rumah sakit belum ada terdeteksi terinfeksi Covid-19. Namun, didapat keterangan dari anak pasien yang mengatakan bahwa suami pasien tersebut sempat melakukan rapid test dan tes swab di salah satu rumah sakit di Sleman dengan hasil positif Covid-19.

Selain itu, suami pasien tersebut juga sempat berinteraksi dengan pasien positif yang sudah meninggal sebelumnya. "Satu mobil dengan yang positif meninggal dunia tidak pernah diungkapkan juga. Dan saat menunggu istrinya ini baru muncul gejala dan (istrinya) periksa yang akhirnya diketahui positif," ujar Banu.

Ia tidak mengetahui kapan suami pasien ini dinyatakan positif Covid-19. Pihaknya pun tidak melakukan tindakan terhadap suami pasien ini karena sudah didiagnosa oleh rumah sakit lain. "Suami kami tidak tahu, dia ditegakkan diagnosa di RSUD Sleman," jelas Banu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement