Senin 04 May 2020 18:40 WIB

Air Asia Segera Aktifkan Penerbangan 18 Mei

Penerbangan berjadwal yang akan dibuka hanya untuk rute internesional.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Tamu undangan berpose di samping armada Air Asia Airbus A320. Air Asia akan mulai mengaktifkan penerbangan berjadwal mulai 18 Mei 2020.
Foto: Antara/Andika Wahyu
Tamu undangan berpose di samping armada Air Asia Airbus A320. Air Asia akan mulai mengaktifkan penerbangan berjadwal mulai 18 Mei 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier Air Asia sejak 1 April 2020 sudah menghentikan sementara penerbangan berjadwalnya untuk mendukung pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Direktur Utama Air Asia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan akan segera membuka penerbangan berjadwal kembali pada bulan ini.

"Kebijakan pemerintah ini berevolusi dalam waktu cepat. Kita akan mulai aktifkan penerbangan berjadwal mulai 18 Mei 2020," kata Veranita dalam konferensi video, Senin (4/5).

Baca Juga

Veranita mengatakan, penerbangan berjadwal yang akan dibuka tersebut hanya untuk penerbangan internesional. Penerbangan yang akan dibuka yakni rute Johor Baru-Surabaya dan Kualalumpur-Surabaya. Sementara untuk penerbangan domestik, Veranita mengatakan Air Asia masih mengacu kepada kebijakan pemerintah.

Dia menjelaskan, terdapat pertimbangan tersendiri dengan dibukanya rute internasional. "Yang internasional, Kualalumpur kita lihat penyebaran wabah di sana kurang lebih sudah positif progresnya. Jumlah kasus baru, trennya menurun," ungkap Veranita.

Veranita mengatakan nantinya akan ada evaluasi tersendiri setelah penerbangan internasional dengan rute tersebut diaktifkan. Dia menegaskan, dalam operasionalnya, Air Asia tetap memaksimalkan protokol kesehatan dengan standar Air Asia sesuai kebijakan pemerintah.

"Ketika kita aktifkan, kita mengacu kepada anjuran pemerintah Kementerian Kesehatan dan imigrasi. Anjuran kesehatan sudah kami implementasi," ujar Veranita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement