Senin 04 May 2020 19:08 WIB

Bonbin Bandung Skenariokan Potong Rusa untuk Pakan Macan

Bisa terjadi apabila tidak ada campur tangan atau bantuan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Seekor macan tutul jawa (Phantera pardus melas) berada di kandang Bandung Zoological Garden, Kota Bandung, Jumat (4/10).
Foto: Abdan Syakura_Republika
Seekor macan tutul jawa (Phantera pardus melas) berada di kandang Bandung Zoological Garden, Kota Bandung, Jumat (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG- Pandemi corona atau covid-19 turut berdampak kepada keberlangsungan aktivitas kebun binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden. Akibat virus corona, wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata tidak ada, sehingga minim pemasukan bagi pengelola.  Dampaknya, anggaran untuk pakan sebanyak 850 ekor satwa pun semakin menipis sehingga pihaknya terpaksa akan memotong rusa untuk pakan macan jika dalam beberapa bulan ke depan virus corona masih berlangsung.

Humas Kebun Binatang Kota Bandung, Sulhan Syafi'i mengatakan sejak pandemi corona berlangsung pada awal Maret, pihaknya hanya bisa bertahan selama empat bulan ke depan tanpa disertai pemasukan dan tidak adanya pengunjung. 

Ia pun mengemukakan jika kondisi corona terus memburuk maka kemungkinan besar pihaknya akan memotong satwa untuk pakan singa. "Kita terpaksa mengambil skenario terburuk memotong rusa untuk pakan macan tutul," ujarnya melalui pesan singkat akhir pekan lalu.

Menurut Sulhan, pihaknya sudah menutup kebun binatang sejak pertengahan Maret hingga awal April. Namun kondisi tersebut diperpanjang hingga batas waktu yang belum ditentukan sebab wabah corona masih berlangsung hingga kini. Ia menambahkan, skenario terburuk itu pun bisa terjadi apabila tidak ada campur tangan atau bantuan dari pemerintah terhadap kebun binatang. Menurutnya, sejauh ini belum ada satwa yang meninggal akibat dampak corona.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement