Rabu 06 May 2020 22:43 WIB

Kelanjutan Persiapan Piala Dunia U-20 Tergantung Pemerintah

Pandemi Covid-19 membuat rencana persiapan Piala Dunia U-20 2021 terhambat.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.
Foto: Putra/kemenpora.go.id
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengatakan, kelanjutan persiapan Piala Dunia U-20 2021, yang akan digelar di Indonesia, tergantung keputusan pemerintah. Ini terkait situasi pandemi virus corona (Covid-19).

"Kami sudah berkomunikasi dengan ketua umum PSSI tentang persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Kami berkesimpulan akan mengikuti keputusan pemerintah tentang penanganan Covid-19 ini. Kami sepakat untuk tidak akan melanggar itu," ujar Zainudin kepada pewarta di Jakarta, Rabu (6/5).

Pria asal Gorontalo itu menyebut, pandemi Covid-19 membuat rencana-rencana persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 terhambat.

photo
Menpora Zainudin Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan. Rakor tersebut membahas progres persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Kantor Kemenpora, Selasa (10/3) pagi. - (istimewa)

Perbaikan infrastruktur tidak bisa berjalan. Kemudian, tim nasional yang diproyeksikan untuk berlaga di kejuaraan itu juga tidak dapat berlatih.

"Kondisi yang kini kami hadapi adalah soal waktu ideal yang dibutuhkan untuk untuk pemulihan yang yang sudah lama istirahat dari pelatihan nasional. Sementara kompetisi yang dibutuhkan pemain untuk mengasah keterampilannya pun terhenti," ujar Zainudin.

Terkait kelanjutan persiapan tersebut, Menpora dan PSSI tidak dapat memberikan kepastian.

photo
Kemenpora menggelar rapat dengan PSSI membicarakan persiapan Piala Dunia U-21 di kantor Kemenpora, Rabu (8/1). - (dok. Kemenpora)

"Memang kami belum bisa memutuskan kapan persiapan itu dimulai kembali. Kami akan menyesuaikan dengan keputusan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 soal kapan diizinkan untuk bisa mengadakan kegiatan," kata politikus Partai Golkar tersebut.

Seluruh kegiatan sepak bola nasional, termasuk Liga 1 dan 2 musim 2020, dihentikan sementara sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. PSSI memastikan Liga 1 dan 2 musim 2020 akan disetop jika pemerintah Indonesia memperpanjang masa tanggap darurat virus corona yang saat ini ditetapkan sampai 29 Mei 2020.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement