Jumat 08 May 2020 04:15 WIB

3 Ayat Alquran Landasan Mengapa Kita Wajib Taat Rasulullah

Kewajiban taat kepada Rasulullah SAW ditegaskan dalam Alquran.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Kewajiban taat kepada Rasulullah SAW ditegaskan dalam Alquran.kaligrafi bertuliskan Muhammad SAW
Foto: wikipedia
Kewajiban taat kepada Rasulullah SAW ditegaskan dalam Alquran.kaligrafi bertuliskan Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Allah SWT memerintahkan makhluk-Nya agar taat kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW. 

Imam Syafi'i dalam kitabnya Ar-Risalah  menjelaskan bahwa hukum yang disampaikan Rasulullah sama dengan hukum Allah, orang yang menaati Rasulullah sama dengan menaati Allah. Imam Syafi'i mengutip  sejumlah ayat Alquran yang menguatkan kewajiban menaati Rasulullah SAW sebagai inti ajaran agama, di antaranya sebagai berikut:    

Baca Juga

1. إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ ۚ فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَىٰ نَفْسِهِ ۖ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

“Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu (Rasulullah) sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya, niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barang siapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar.” (QS Al-Fath ayat 10).

2. فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّىٰ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (QS An Nisa ayat 65)

3. مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ ۖ

“Barangsiapa yang menaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah menaati Allah.” (QS An Nisa ayat 80).

Imam Syafi'i menjelaskan, dalam ayat-ayat Alquran tersebut Allah memberi tahu manusia bahwa diajaknya mereka kepada Rasulullah yang akan memutuskan perkara di antara mereka. 

Itu merupakan ajakan kepada hukum Allah, karena yang memutuskan perkara di antara mereka adalah Rasulullah. Apabila mereka menerima hukum Rasulullah maka mereka menerima hukum Allah.  

Allah juga memberitahu mereka bahwa hukum Rasulullah sama dengan hukum Allah, karena Allah yang menetapkan hukum Rasulullah. Allah memberi tahu bahwa Allah melindungi Rasulullah dan memberinya taufik, hidayah, dan kepatuhan terhadap perintah-Nya.  

Allah menetapkan kewajiban kepada makhluk-Nya untuk taat kepada Rasul-Nya. Kemudian memberitahu makhluk-Nya bahwa taat kepada Rasulullah berarti taat kepada Allah. Allah juga memberitahu makhluk-Nya bahwa Allah mewajibkan Rasul-Nya untuk mengikuti perintah-Nya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement