Jumat 08 May 2020 19:17 WIB

Dorna Ajukan Gelar Dua Seri MotoGP di Spanyol pada Juli

Semua pihak sepakat bahwa dua balapan akan digelar di Jerez.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Balapan MotoGP (ilustrasi)
Foto: AP/Miguel Angel Morenatti
Balapan MotoGP (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dorna Sports bersama Pemerintah Andalusia dan Dewan Kota Jerez de la Frontera mengajukan proposal kepada Pemerintah Spanyol untuk mengadakan dua acara MotoGP pada bulan Juli. Ini setelah semua pihak sepakat bahwa dua balapan akan digelar di Jerez.

Dilansir dari Cyclenews, Jumat (8/5), jika Pemerintah Spanyol menyetujui proposal maka pembukaan MotoGP 2020 hampir dipastikan bisa segera digelar. Sirkuit de Jerez Angel Nieto akan menjadi tempat balapan. Selain itu, Dorna juga mengajukan penyelenggaan satu putaran WorldSBK pada akhir Juli dan awal Agustus.

Kesepakatan antara Dorna, Pemerintah Andalusia, dan Dewan Kota Jerez terjadi lewat pertemuan virtual pada Kamis (7/5) pagi. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Pemerintah Daerah Andalusia, Juan Antonio Marin, Walikota Jerez de la Frontera, dan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

“Ketiga pihak telah sepakat untuk mengajukan proposal kepada pemerintah Spanyol untuk menyelenggarakan dua grand prix kejuaraan Dunia MotoGP FIM di Circuito de Jerez-Angel Nieto masing-masing pada akhir pekan 19 dan 26 Juli,” demikian bunyi sebuah pernyataan.

Selain itu, Kejuaraan Dunia Superbike Motul FIM juga diajukan kepada Pemerintah Spanyol dan akan diselenggarakan di tempat tersebut, yaitu pada 2 Agustus. Setelah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Spanyol, maka akan segera diusulkan ke FIM agar dimasukkan ke dalam kalender masing-masing.

Dengan demikian, maka GP Spanyol akan menjadi balapan pembuka dan dilanjutkan GP Andalusia. Spanyol adalah salah satu negara yang memiliki kasus virus corona tinggi.

Pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown untuk menekan peningkatan virus tersebut. Namun, Spanyol mulai melonggarkan lockdown sehingga membuka peluang menyelenggarakan kegiatan olahraga untuk beberapa pekan ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement