Ahad 10 May 2020 22:38 WIB

Bupati Hulu Sungai Selatan Lepas Kepulangan 1 Pasien Corona

Pasien sembuh bisa meyakinkan masyarakat akan betapa pentingnya pola hidup sehat.

Ilustrasi pasien sembuh Covid-19.
Foto: MgIT03
Ilustrasi pasien sembuh Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN -- Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 HSS didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, melepas kepulangan satu pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Pasien tersebut adalah HBS-15 laki-laki (42) warga Kecamatan Daha Barat Kabupaten Hulu Sungai Selatan. "Terima kasih kepada jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Hasan Basry Kandangan yang telah merawat pasien positif Covid-19 bisa kembali sembuh seperti sedia kala dan dapat pulang ke rumah," ucapnya di Berabai, Ahad (10/5).

Dikatakannya, dengan dinyatakan sembuh pasien ini maka tidak ada lagi pasien yang positif dirawat di RSUD Kandangan, hanya tinggal satu pasien lagi namun saat ini masih dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin. Dijelaskan, untuk enam pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini terus ditangani oleh petugas kesehatan diharapkan hasil tes swabnya negatif, sehingga juga bisa dipulangkan.

Dia juga mengingatkan dengan dinyatakan sembuh pasien yang positif ini bukan berarti harus berakhir segala-galanya, wabah ini tidak bisa diprediksi tidak bisa dilihat sehingga dimohon perhatian masyarakat untuk tetap waspada. Pembatasan-pembatasan tetap berlaku sebelum adanya pencabutan dari pihak berwenang.

Terkhusus untuk pasien HBS-15 yang dirawat selama 19 hari di RSUD Kandangan, ia berpesan agar setelah pulang nanti berkumpul bersama keluarga agar tetap mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas kesehatan, tetap melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari dan tidak menerima tamu dari luar.

"Kami berharap pasien yang sembuh ini jika waktunya sudah bisa berkumpul dengan masyarakat, bisa meyakinkan masyarakat akan betapa pentingnya pola hidup sehat termasuk harus pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun," katanya.

Menurut dia, yakin dengan apa yang akan bisa disampaikan pasien tersebut akan akan lebih didengar oleh masyarakat, kalau pemerintah sudah maksimal memberikan imbauan namun masih ada yang tidak memakai masker.

Kesembuhan pasien HBS-15 laki-laki (42) warga Kecamatan Daha Barat ini menjadi yang ketiga, setelah pasien pasien dengan kode HBS-5 laki-laki (34) dari Kecamatan Daha Selatan dan kode HBS-6 laki-laki (69) dari Kecamatan Daha Utara juga telah dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang.

Sementara itu, untuk satu pasien positif yang masih rawat di RSUD Ulin Banjarmasin, yakni HBS-9 laki-laki (42) Padang Batung, maka per hari ini jumlah kasus terkonfirmasi positif di HSS empat kasus, tiga pasien di antaranya telah dinyatakan sembuh dan satu pasien masih dalam perawatan, serta meninggal nol.

Turut hadir, Sekda HSS H.M Noor, Direktur RSUD Kandangan Rasyidah, Kepala Dinas Kesehatan yang juga jubir Gugus Tugas Siti Zainab, serta dokter serta perawat ruang isolasi melepas pasien yang sembuh tersebut.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement