Senin 11 May 2020 19:15 WIB

Deputi BNPB: Jika Konsisten Turun, Corona Tuntas September

BNPB mengimbau masyarakat untuk konsisten menjalankan protokol kesehatan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah optimistis virus corona di Tanah Air akan tuntas pada September.  Deputi Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan, kalau pada Mei dan Juni 2020 kurvanya bisa konsisten menurun, maka pada Juli dan Agustus masyarakat yang terkena virus corona bisa berkurang.

Dengan begitu pada September virus corona bisa berakhir di Indonesia. "Kalau kurva tersebut konsisten menurun. Maka kemungkinan pada September pandemi virus corona di Indonesia bisa berakhir," kata dia, Senin (11/5).

Baca Juga

Ia mengimbau masyarakat bisa disiplin untuk melaksanakan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19. Di antaranya, memakai masker, mengkarantina diri jika ada tanda-tanda terpapar dan rajin mencuci tangan. "Yang penting menjaga kebersihan dan makan yang bergizi," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai peningkatan kasus positif virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) di Indonesia menunjukkan dua hal. Pertama peningkatan kemampuan pemeriksaan dan kedua kasus positif masih tinggi.

Menurut Pengurus PB IDI Bidang Kesekretariatan, Protokoler dan Public Relation Halik Malik, tambahan positif Covid-19 lebih dari 500 kasus baru pada akhir pekan lalu dalam sehari bukan hal yang mengejutkan.

"Itu justru menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemeriksaan dan membuktikan kasus positif masih relatif tinggi," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (10/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement