Umma Gelar 'Ngabuburit Charity' Melalui Fitur Streaming

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nora Azizah

Sabtu 16 May 2020 21:24 WIB

'Ngabuburit Charity' aplikasi Umma menggandeng grup musik gambus Sabyan (Foto: grup musik gambus Sabyan) Foto: Antara/Fauzan 'Ngabuburit Charity' aplikasi Umma menggandeng grup musik gambus Sabyan (Foto: grup musik gambus Sabyan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi komunitas Muslim 'Umma' menggelar 'Ngabuburit Charity' (Ngabuburity), Sabtu (16/5). Program donasi ini memfasilitasi para pengguna untuk diskusi streaming bersama ustaz atau tokoh publik.

Co-Founder dan CEO Umma, Indra Wiralaksmana, mengatakan, sebagai platform muslim Umma berusaha menghadirkan fitur untuk membantu umat muslim Indonesia memaksimalkan ibadah dari rumah. Meski Ramadhan harus berada di rumah, bukan berarti ibadah tak bisa dilakukan secara maksimal.

Baca Juga

"Salah satunya live streaming. Fitur ini mengurangi rasa rindu masyarakat untuk hadir di majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya dilakukan setiap Ramadhan," kata Indra dalam program 'Ngabuburit Charity' Umma, Sabtu.

Dengan kebijakan pembatasan sosial, lanjut Indra, Umma menggelar 'Ngabuburit Charity' untuk memfasilitasi pengguna dalam memperoleh kajian atau diskusi streaming. Namun, kegiatan ini juga dilakukan dengan aksi sosial berdonasi bagi mereka yang terdampak pandemik Covid-19.

"Di tengah imbauan ibadah dari rumah saat ini, umma berharap dapat terus menjadi bagian hidup aktivitas umat Islam selama Ramadhan," lanjut Indra.

Sejak diluncurkan sejak April 2019 lalu, aplikasi Umma telah diunduh oleh lebih dari delapan juta pengguna di Indonesia. Saat ini, pertumbuhan pengguna cukup tinggi, yakni sekitar 400 persen sejak Ramadhan tahun lalu.

Pada 'Ngabuburit Charity' pekan ini, Umma menggandeng grup musik gambus Sabyan. Kemudian, para pemain sinetron 'Para Pencari Tuhan', yakni Melki 'Bajaj', Zaskia Adya Mecca, dan Tania Rai Mina.

Grup musik gambus Sabyan tampil live membawa lagu 'Ya Maulana'. Ahmad Ayus, Keyboardist Sabyan, mengungkapkan, lagu 'Ya Maulana' berkisah tentang seseorang yang berdoa dan mengharapkan kesempatan untuk bertaubat.

"Semua orang berharap sebelum wafat dapat kesempatan, dapat waktu dapat hidayah untuk tobat," kata Ayus.

Ia berharap, lagu yang dibawakan Sabyan pada 'Ngabuburit Charity' bisa memberikan dampak positif bagi pengguna Umma.