Ahad 17 May 2020 11:18 WIB

Konser di Aplikasi umma, Sabyan Hibur Ribuan Penggemar

Konser mengajak penonton berdonasi untuk dhuafa dan mereka yang terdampak pandemi

Grup musik Sabyan menggelar konser Ramadhan melalui aplikasi Umma.
Foto: Umma
Grup musik Sabyan menggelar konser Ramadhan melalui aplikasi Umma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konser Ramadhan online bertajuk "Ngabuburity" sukses digelar di aplikasi Muslim Umma, Sabtu (16/5) sore. Acara kolaborasi Umma bersama Digitaraya, KitaBisa.com, dan Yayasan Northstar Bakti Persada ini juga mengajak penonton berdonasi atau infak.

Sabyan Gambus membawakan lima lagu yakni "Ya Maulana", "Al Wabaa", "Ya Arhama Rahimin", "Ramadhan" dan "Man Anna". Di sela-sela penampilannya, Sabyan menyapa penggemarnya sambil menjawab sejumlah pertanyaan yang masuk.

Baca Juga

"Hikmah dari pandemi ini banyak, salah satunya kami jadi lebih produktif. Malah ada juga lagu yang dadakan kami bikin pas di rumah aja, yaitu lagu 'Al Wabaa'," ujar Nisa.

Begitu juga dari sisi digital, Ayus Sabyan juga mengaku jadi lebih aktif. "Padahal biasanya kita upload sebulan sekali, sekarang jadi seminggu sekali," katanya.

Dipandu presenter Melki Bajaj, konser Ramadhan ini dibuka dengan talkshow bersama Zaskia Mecca dan Tania Ray Mina. Keduanya membagi cerita kegiatan selama masa pandemi di rumah yang ternyata membuat adik kakak ini makin produktif.

"Aku sama keluarga bikin short movie, yang jadi pemerannya ya anggota keluarga, yang edit Abi-nya anak-anak (Hanung Bramantyo), yang jadi kameramennya kadang yang kerja di rumah, kaya mbak atau satpam," tutur Zaskia yang kini sedang tinggal di Yogyakarta.

Sementara Tania, yang memiliki project community space Ruang Raqyat punya program Ketahanan Pangan, yakni pembuatan instalasi ember untuk ternak lele dan di atasnya dipasang hidroponik kangkung.

"Instalasi ember lele ini nggak nyangka banyak peminatnya. Jadi kalau sudah panen, nanti lelenya dibagikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan," tutur Tania.

Selain menonton talkshow dan konser secara online, pengguna juga turut memberikan donasi secara digital lewat aplikasi. Dana yang terhimpun tersebut akan digunakan untuk menyediakan bahan makanan dan proses pembuatan dilakukan oleh 100 lebih warteg rekanan Wahyoo juga ke masjid-masjid di area Jakarta.

Tak luput dari perhatian, kaum dhuafa dan kelompok ekonomi rentan yang menjadi semakin terpukul karena dampak dari wabah ini pun menjadi salah satu kelompok yang dibantu dalam inisiatif ini. Meski konsernya telah selesai, pengguna Umma masih bisa ikut berdonasi melalui bantuan.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement