Senin 18 May 2020 12:04 WIB

Indonesia Kirim 8 Qari Terbaik ke MTQ Internasional

Qari terbaik disaring dari ajang Indonesia Mengaji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Indonesia Kirim 8 Qari Terbaik ke MTQ Internasional. MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Indonesia Kirim 8 Qari Terbaik ke MTQ Internasional. MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama bekerja sama dengan Indosiar menggelar acara "Indonesia Mengaji" selama Ramadan 1441 H/2020 M. Acara yang tayang setiap malam Ramadan ini menampilkan qari-qariah terbaik perwakilan seluruh provinsi di Indonesia.

Total ada 68 peserta terdiri atas 34 qari dan 34 qariah yang berkompetisi secara bergantian setiap malam Ramadan 1441 H. Proses kompetisi ini akan memilih empat qari dan empat qariah terbaik sebagai juara I, II, III, dan harapan I.

Baca Juga

“Insya Allah bagi mereka yang masuk dalam delapan terbaik pada kesempatan ini, Kemenag akan memberikan kesempatan untuk mengikuti MTQ internasional,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Senin (18/5).

Menurut Kamaruddin, Kemenag setiap tahun mendapatkan undangan dari berbagai negara, terutama negara-negara Timur Tengah, untuk mengikuti MTQ internasional. Negara-negara tersebut antara lain Mesir, Arab Saudi, Iran, Turki, dan Bahrain. 

Hingga saat ini, sudah lebih 10 negara mengundang Indonesia untuk berpatisipasi. Namun, karena menyebarnya virus Covid-19, kegiatan itu ditunda. 

“Jika tahun ini tidak jadi dilaksanakan, insya Allah akan dilaksanakan tahun depan. Kita akan mengirimkan peserta yang berhasil masuk delapan besar untuk mengikuti event internasional yang akan dilaksanakan di berbagai negara tersebut,” katanya menambahkan.

Atas nama Kemenag, Dirjen Bimas Islam menyampaikan terima kasih kepada pemda, Indosiar, dan seluruh pihak yang telah bekerja sama sehingga acara "Indonesia Mengaji" berlangsung dengan baik. Ia berharap acara serupa dapat memberikan semangat kepada anak-anak Indonesia.

Direktur Penerangan Agama Islam, yang juga salah seorang dewan juri, Juraidi, mengatakan bahwa "Indonesia Mengaji" sudah masuk edisi pemilihan delapan besar terbaik. Sabtu (16/5) malam sudah dipastikan satu peserta yang akan masuk dalam empat besar qariah terbaik. Ia adalah peserta asal Sumatra Barat atas nama Dani.

“Kita akan terus memilih qari yang masuk empat besar terbaik. Begitu seterusnya, sampai dengan edisi terakhir di malam Ramadhan tahun ini,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement