Selasa 19 May 2020 11:28 WIB

Jokowi Apresiasi Ormas Islam Dukung Pencegahan Covid-19

Jokowi apresiasi Ormas Islam yang mendukung pencegahan Covid-19.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA/ARIF FIRMANSYAH
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi dukungan dan bantuan dari berbagai ormas besar Islam seperti MUI, pengurus besar NU, dan juga PP Muhammadiyah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas persiapan Idul Fitri 1441H/2020 M, Selasa (19/5).

"Pemerintah menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya, yang pertama kepada Majelis Ulama Indonesia, pengurus besar NU, PP Muhamadiyah, dan semua ormas Islam lainnya yang telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19," ucapnya.

Baca Juga

Sejumlah fatwa dan imbauan pun telah disampaikan oleh ormas Islam kepada umat Islam di Indonesia terkait pelaksanaan peribadatan selama wabah Covid-19, termasuk terkait dukungan larangan mudik. Jokowi pun menyampaikan apresiasinya terhadap berbagai imbauan tersebut.

"Saya sangat menghormati dan mengapresiasi adanya fatwa dan imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia terkait dengan peribadatan maupun amaliyah selama wabah Covid-19 ini termasuk mendukung keputusan pemerintah untuk melarang mudik," katanya.

Jokowi juga menyampaikan, pemerintah sangat terbantu dengan adanya aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang muncul dari berbagai ormas Islam di Indonesia maupun inisiatif yang muncul dari tiap masyarakat. Jokowi berharap, kegiatan tersebut dapat terus berlanjut untuk membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan dan terkena dampak Covid-19.

"Termasuk pemanfaatan zakat, pemanfaatan infaq, pemanfaatan sodaqoh untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari Covid-19 dan kita harapkan aksi solidaritas ini bisa terus berlanjut, bisa meluas lebih besar lagi sehingga menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement