Rabu 20 May 2020 13:26 WIB

Pekerja Ternak di Belanda Terinfeksi Covid-19 dari Cerpelai

Sejumlah cerpelai kesulitan bernapas sehingga memicu penyelidikan lebih lanjut

Peternakan di Belanda yang ditutup setelah ditemukannya cerpelai yang terinfeksi virus corona.
Foto: EPA
Peternakan di Belanda yang ditutup setelah ditemukannya cerpelai yang terinfeksi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM - Seseorang yang bekerja di peternakan, tempat cerpelai dibudidayakan untuk diekspor bulunya, terinfeksi virus corona dari hewan tersebut. Hal ini disampaikan dalam surat Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten kepada parlemen, Rabu (20/5).

Wabah di peternakan cerpelai di Belanda pertama kali dilaporkan pada April. Kala itu, penjaga memberi tahu bahwa sejumlah hewan mengalami kesulitan bernapas sehingga memicu penyelidikan lebih lanjut.

Dalam suratnya, Schouten mengaku laporan awal dari kantornya bahwa manusia dapat menginfeksi hewan tetapi tidak sebaliknya adalah kesalahan. Apalagi saat ini sudah muncul kasus pekerja ternak yang tertular Covid-19 dari cerpelai.

Meski begitu, ia mengatakan Institut Kesehatan Masyarakat Belanda masih menaksir adanya peluang kecil penularan di luar kandang hewan. Schouten tidak menjelaskan dalam suratnya bagaimana kondisi pekerja tersebut.

Bulu cerpelai dipasarkan di China, Korea, Yunani dan Turki. Setelah mendapat tekanan dari para pembela hak asasi hewan, pemerintah Belanda pada 2013 melarang peternakan cerpelai. Ia mengatakan peternakan yang sudah ada harus ditutup pada 2024.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement