Rabu 20 May 2020 16:44 WIB

Ilmuwan Temukan Kerangka Gajah Purba Berusia 300 Ribu Tahun

Kerangka gajah purba ditemukan situs bekas tambang di Jerman.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Arkeolog menemukan kerangka gajah hampir lengkap berusia 300 ribu tahun di Jerman.
Foto: jordi serange via physc
Arkeolog menemukan kerangka gajah hampir lengkap berusia 300 ribu tahun di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, LOWER SAXONY -- Para arkeolog dari Pusat Senckenberg untuk Evolusi Manusia dan Lingkungan Palaeoen di Universitas Tübingen, Jerman telah memulihkan untuk pertama kalinya kerangka yang hampir lengkap dari gajah bergading lurus Eurasia (Palaeoloxodon antiquus) di Schöningen, Jerman.

Diketahui gajah berkeliaran di Schöningen di Lower Saxony, Jerman, 300 ribu tahun yang lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, kerangka sepuluh gajah telah ditemukan di situs Palaeolitikum yang terletak di tepi bekas tambang lignit opencast.

Baca Juga

Arkeolog saat ini sedang merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi dan seperti apa biotope di sekitar daerah itu 300 ribu tahun yang lalu. Hewan itu mati di tempat yang dulu merupakan pantai barat.

Dilansir di Phys.org, Rabu (20/5), studi pendahuluan akan dipublikasikan di Archäologie di Deutschland.

Menteri Sains Lower Saxony, Björn Thümler mengatakan bahwa bekas tambang terbuka Schöningen adalah arsip perubahan iklim tingkat pertama. "Ini harus dibuat lebih jelas di masa depan. Ini adalah tempat di mana kita dapat melacak bagaimana umat manusia berubah dari menjadi pendamping alam menjadi perancang budaya," kata Thümler.

Kerangka gajah terletak di tepi pantai berusia 300 ribu tahun di sedimen jenuh air. Seperti sebagian besar temuan di Schöningen, tempat ini sangat terawat dengan baik.

"Kami menemukan gading sepanjang 2,3 meter, rahang bawah lengkap, banyak tulang belakang dan tulang rusuk serta tulang besar milik tiga kaki dan bahkan semua lima tulang hyoid yang halus," kata Jordi Serangeli, kepala penggalian di Schöningen..

Gajah betina itu berusia lebih tua dengan gigi aus. Arkeolog Ivo Verheijen menjelaskan hewan itu memiliki tinggi bahu sekitar 3,2 meter dan beratnya sekitar 6,8 ton. Gajah itu  lebih besar dibandingkan betina gajah Afrika saat ini.

Verheijen menjelaskan, kemungkinan besar gajah ini mati karena usia tua dan bukan karena perburuan manusia. "Gajah sering kali berada di dekat dan di dalam air ketika mereka sakit atau tua. Banyaknya bekas gigitan pada tulang menunjukkan bahwa karnivora mengunjungi bangkai." katanya.

Namun, hominin atau manusia purba, pada waktu itu akan mendapat keuntungan dari gajah juga. Tim menemukan 30 serpihan batu kecil dan dua tulang panjang yang digunakan sebagai alat untuk mengikat tulang gajah.

Arkeolog Bárbara Rodríguez Álvarez dapat menemukan serpihan mikro yang tertanam di kedua tulang gajah. Ini membuktikan bahwa perombakan ulang artefak batu terjadi di dekat kerangka-kerangka gajah. Dia juga mereparasi dua serpihan kecil yang menegaskan bahwa batu yang dipertajam terjadi di tempat di mana kerangka gajah ditemukan.

"Para pemburu Zaman Batu mungkin memotong daging, tendon, dan lemak dari bangkai," kata Serangeli.

Gajah yang mati mungkin merupakan sumber makanan dan sumber daya yang beragam dan relatif umum untuk Homo heidelbergensis. Serangeli mengatakan bahwa menurut data saat ini, meskipun hominin Palaeolithic adalah pemburu ulung, tidak ada alasan kuat bagi mereka untuk menempatkan diri dalam bahaya dengan berburu gajah dewasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement