Kamis 21 May 2020 10:15 WIB

Kemenag Tasikmalaya Lakukan Pantauan Hilal Tentukan 1 Syawal

Pemantauan akan dipusatkan di Pantai Karangtaulan, Kecamatan Cikalong.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Untuk menentukan 1 syawal 1441 H, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya berencana akan menggelar pemantauan hilal pada Jumat (22/5/2020) mendatang. Rencananya, pemantauan akan dipusatkan di Pantai Karangtaulan, Kecamatan Cikalong.

Pemantauan hilal itu akan melibatkan berbagai elemen masyarakat, Baznas, ormas keagamaan, Dewan Masjid Indonesia (DMI), serta tenaga ahli. Namun karena masih masa pandemi Covid-19, pemantauan hilal bakal dilakukan mengikuti protokol kesehatan dan akan dihadiri perwakilan saja.

Kemenag Tasikmalaya gelar rukyatul hilal pada Jumat 22 Mei 2020 sore hari, di Pantai Karangtaulan Cikalong untuk tentukan satu syawal, ucap Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Usep Saepudin Muhtar, Rabu (20/5/2020).

Pengamatan hilal itu, kata Usep, akan dilakukan dengan menggunakan teleskop canggih. Selain lebih praktis, penggunaan teleskop nonmanual dapat menghasilkan penglihatan hilal yang akurat.

Terdapat 2 metode dalam menentukan awal bulan di tahun hijriah. Selain metode rukyat, metode hisab juga ditempuh untuk tentukan awal bulan.

Metode itu ada falaqiah atau hisab, ada juga metode rukyatul hilal. Alhamdulillah ini teropongnya canggih, kata Usep.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement