Kamis 21 May 2020 10:53 WIB

Riwayat Pembakaran Dupa Pewangi di Masjidil Haram dan Nabawi

Terdapat riwayat yang mendasari pembakaran dupa pewangi.

Terdapat riwayat yang mendasari pembakaran dupa pewangi.Suasana Masjidil Haram yang sepi akibat pandemi Corona.
Foto: anadolu agency
Terdapat riwayat yang mendasari pembakaran dupa pewangi.Suasana Masjidil Haram yang sepi akibat pandemi Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Anda berada di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, akan menjumpai petugas yang membawa dupa (bukhur) yang dibakar dengan aroma wangi semerbak. Apakah pembakaran dupa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ada landasan dalilnya?     

Menurut Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma'ruf Khozin, dupa yang dibakar sebagai pengharum masjid ternyata memiliki riwayat tersendiri. Berikut ini di antara riwayat pembakaran dupa pewangi: 

Baca Juga

ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ، ﻗَﺎﻟَﺖْ: «ﺃَﻣَﺮَ ﺭَﺳُﻮﻝُ اﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺑِﺒِﻨَﺎءِ اﻟﻤَﺴَﺎﺟِﺪِ ﻓِﻲ اﻟﺪُّﻭﺭِ، ﻭَﺃَﻥْ ﺗُﻨَﻈَّﻒَ، ﻭﺗﻄﻴﺐ»

Aisyah berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk membangun masjid di perkampungan, dan dibersihkan serta diberi pengharum (HR Tirmidzi)

ﻗﺎﻝ اﺑﻦ ﺣَﺠَﺮٍ ﻭَﺑِﻪِ ﻳُﻌْﻠَﻢُ ﺃَﻧَّﻪُ ﻳُﺴْﺘَﺤَﺐُّ ﺗﺠﻤﻴﺮ اﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﺑِﺎﻟْﺒَﺨُﻮﺭِ ﺧِﻼَﻓًﺎ ﻟِﻤَﺎﻟِﻚٍ ﺣَﻴْﺚُ ﻛَﺮِﻫَﻪُ ﻓَﻘَﺪْ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺒْﺪُ اﻟﻠَّﻪِ ﻳُﺠَﻤِّﺮُ اﻟْﻤَﺴْﺠِﺪَ ﺇِﺫَا ﻗَﻌَﺪَ ﻋُﻤَﺮُ ﺭَﺿِﻲَ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻋَﻠَﻰ اﻟْﻤِﻨْﺒَﺮِ 

Ibnu Hajar berkata bahwa berdasarkan riwayat ini maka dianjurkan mengharumkan masjid dengan dupa. Namun menurut Malik hukumnya makruh. Sebab Ibnu Umar mengharumkan masjid saat Umar duduk di mimbar (Tuhfah Al Ahwadzi 3/168)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement