Ahad 24 May 2020 12:58 WIB

Sejumlah Masjid di Padang Masih Gelar Sholat Idul Fitri

Setiap jamaah harus masuk bilik sterilisasi dan wajib mencuci tangan

Umat muslim mendengarkan khotbah usai melaksanakan shalat Idul Fitri
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Umat muslim mendengarkan khotbah usai melaksanakan shalat Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Sejumlah masjid di Kota Padang tetap melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Corona Virus Disease (Covid-19).

"Kami tetap melaksanakan shalat Idul Fitri, tapi setiap jamaah harus masuk bilik sterilisasi dan wajib mencuci tangan sebelum masuk masjid," kata Pengurus Masjid Aljihad Indarung Padang Irsal di Padang, Ahad (24/5).

Menurut dia setiap jamaah yang akan masuk harus melewati bilik sterilisasi dan wajib mencuci tangan sebelum masuk masjid serta harus memakai masker dan membawa sajadah sendiri dari rumah. Selain itu pengaturan shaf juga tidak terlalu rapat dan khatib Idul Fitri tidak terlalu panjang.

Ia mengatakan bahwa setelah 2,5 bulan melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan tetap berada di rumah kali ini pengurus masjid itu memutuskan melaksanakan shalat Idul Fitri. Dalam khutbahnya khatib Idul Fitri Kusnen Harahap mengajak semua jamaah mengevaluasi diri dan tidak melampaui batas.

"Dengan adanya pandemi Covid-19 mari renungi lagi semua kesalahan yang mungkin telah dilakukan apakah kita telah melampaui batas dan mari memohon ampunan kepada Allah SWT," katanya.

Sementara berdasarkan pantauan di sepanjang Jalan Raya Padang-Indarung sejumlah masjid yang berada di pinggir jalan tetap melaksanakan shalat Idul Fitri. Salah satunya di Masjid Ihsan Muhammadiyah dan Masjid Alkautsar yang berada di Bandar Buat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement