Ahad 24 May 2020 20:45 WIB

Anjuran untuk Memberi Hadiah

Sabda Rasulullah, umat Islam agar saling memberi hadiah supaya saling mencintai

Hadiah (ilustrasi).
Foto: gifts4women.org
Hadiah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW menganjurkan agar umat Islam saling berkasih sayang, berempati, dan peduli satu sama lain. Maknanya, rasa persaudaraan (ukhuwah) mesti terus dikuatkan. Di antara beragam sarana untuk merawat ukhuwah adalah saling memberi hadiah.

Hadiah selalu memberi kesan perdamaian, rasa cinta, dan penghargaan dari si pemberi kepada yang diberi. Karena itulah Rasulullah SAW menganjurkan agar suka memberi dan menerima hadiah. Beliau menjelaskan pengaruh hadiah di dalam meraih kecintaan dan kasih sayang sesama manusia. "Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai" (HR Al-Bukhari).

Baca Juga

Saling memberi hadiah ini, tidak hanya ditinjau dari sisi materi, tetapi lebih kepada nilai maknawinya. Hal ini dapat terlihat dari sabda Rasulullah SAW melalui hadis Abu Hurairah bahwa beliau bersabda, ''Wahai para wanita kaum Muslimin, janganlah ada seorang tetangga meremehkan pemberian tetangganya yang lain sekalipun ia (pemberian tersebut) berupa ujung kuku unta.'' (HR Al-Bukhari). Padahal, apalah artinya kuku yang tentunya hanya menyisakan sedikit daging.

Dalam hadis yang lain, Rasulullah SAW memberi permisalan menarik yang menunjukkan perlunya sikap tawadhu (rendah hati) dalam menerima hadiah. ''Andaikata aku diundang untuk menyantap makanan (yang berupa) bagian hasta atau bagian di bawah tumit, niscaya aku penuhi undangan itu. Dan andaikata aku dihadiahi hal yang sama juga niscaya aku menerimanya.'' (HR Al-Bukhari).

 

Bila kita renungkan lebih mendalam, apakah Rasulullah SAW masih membutuhkan makanan dari orang lain? Jawabannya sudah pasti, tidak. Sebab sebagaimana yang kita ketahui, beliau diberi makan dan minum oleh Allah.

Dengan demikian, anjuran dari beliau itu merupakan pelajaran praktis bagi kita semua agar selalu bersikap tawadhu dan rendah hati terhadap sesama Muslimin. Apa pun kedudukan kita di dunia.

sumber : Hikmah Republika oleh Ayu Lathifah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement