Rabu 27 May 2020 16:40 WIB

Seorang Jurnalis di Palembang Positif Covid-19

Jurnalis itu diketahui positif Corona usai membawa ibunya yang sakit ke RS.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Seorang jurnalis harian terkemuka di Palembang berinisial RK dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, jurnalis perempuan tersebut berstatus Orang Tanda Gejala (OTG) dirawat di ruang isolasi Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, Rabu (27/5).

Keterangan yang diperoleh dari rekan jurnalis di Palembang, Rabu (27/5), RK yang bekerja di harian Palembang Pos dan Palpos.id sebelum dinyatakan positif Covid-19 ia membawa ibunya ke RSUD Moehammad Husein Palembang yang sakit stroke pada 5 Mei 2020.

Baca Juga

Setelah dilakukan tes swab, ibunya positif Covid-19. Saat itu pula, pihak keluarga dilakukan rapid test, hasilnya negatif. R dan dan bapaknya memeriksakan diri tes swab di RSI Siti Fatimah Palembang pada 26 Mei 2020. Hasilnya, RK positif, bapaknya negatif.

Terpaparnya jurnalis di Palebang, membuat rekan-rekan sesama profesi memberikan dukungan moral dan material kepada RK, jurnalis Palpos.id dan Palembang Post tersebut. Wartawan Sumsel 789, sebuah jaringan jurnalis senior di Palembang, Sumatra Selatan angkatan 70-an, 80-an, dan 90-an, turut memberikan rasa simpati dan kepeduliannya sesama rekan seprofesi.

Wartawan Sumsel 789, yang beranggotakan ratusan jurnalis dan eks jurnalis berbagai media, langsung menggalang dana kemanusian untuk rekan seprofesi yang sedang ditimpa musibah seperti saat ini dialami RK.

“Sebuah kebaikan yang dilakukan tema-teman untuk menggalang dana, memberikan bantuan walau tidak banyak. Sebuah bentuk kepedulian pada masa-masa sekarang begitu besar artinya,” kata Bangun P Lubis, jurnalis senior yang tergabung dalam Wartawan Sumsel 789 kepada Republika.co.id, Rabu (27/5).

Menurut dia, kepedulian sesama rekan seprofesi menjadi kewajiban sesama jurnalis baik yang masih aktif maupun yang sudah berganti profesi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement