Kamis 28 May 2020 18:44 WIB

7 Film Superman yang Batal Tayang

Dari banyak proyek film Superman yang dirilis, banyak pula yang batal.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Superman (ilustrasi).
Foto: flickr
Superman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Superman pertama kali muncul dalam versi live action pada 1938 dan diperankan oleh aktor Kick Alin. Sampai saat ini, Superman tetap menjadi salah satu film unggulan di Hollywood.

Pahlawan super fiksi yang diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster itu bahkan telah menjadi ikon budaya yang melambangkan kekuatan Amerika Serikat (AS). Hingga kini setidaknya ada tujuh film Superman yang dirilis Warner Bros. Namun dari banyak proyek film Superman yang dirilis, ternyata banyak pula proyek yang batal ditayangkan. Berikut daftarnya seperti dikutip dari Cinemablend pada Kamis (28/5):

1. Superman Reborn

Kembali pada awal tahun 1990-an setelah komik The Death of Superman laku lebih dari enam juta kopi, Warner Bros tertarik untuk membuat filmnya. Untuk menggarap film, Warner Bros menggandeng Jothan Lemkin untuk menulis naskahnya yang diberi judul Superman Reborn.

Skenario yang dibuat Lemkin berkisah tentang kematian dan kebangkitan kembali sang pahlawan super. Namun kabarnya, Warner Bros tidak suka dengan alur cerita tersebut lantaran dinilai terlalu banyak kesamaan dengan naskah tentang Bruce di Batman Forever.

2. Superman dari naskah Kevin Smith dan Tim Burton

Tugas penulisan naskah kemudian diserahkan ke tangan Kevin Smith, yang telah memutuskan hubungan dengan Clerks dan Mallrats pada saat itu. Filmnya berjudul Superman Lives, juga memasukkan Doomsday, tetapi di bawah perintah Brainiac dan Lex Luthor. Para penjahat mengakali Superman dengan menghalangi Matahari (sumber kekuatannya) darinya. Tetapi dia kemudian dibangkitkan kembali oleh Eradicator, robot Krypton, dan menjadi terselubung dalam setelan robot untuk mengalahkan Brainiac.

Setelah karyanya di film-film Batman, Tim Burton disewa untuk mengarahkan naskah dan Nicolas Cage naik untuk bermain sebagai Superman. Nama-nama besar seperti Kevin Spacey, Sandra Bullock, dan Chris Rock akhirnya didekati, tetapi kemudian ditunda karena terlalu mahal. Burton pindah ke film Sleepy Hollow dan sejak itu menjadi salah satu film paling terkenal yang tidak pernah terjadi.

3. Batman VS Superman arahan Peterson

Wolfgang Peterson, sutradara Das Boot and Outbreak pernah terikat untuk membuat film Batman vs Superman pada 2001. Ide naskahnya sendiri dari Andrew Kevin Walker. Alur ceritanya berkisah tentang Superman yang baru saja bercerai dan Batman baru menikah, dia memutuskan untuk menggantung jubahnya. Ketika Joker membunuh istri baru Bruce, Superman juga disalahkan karena bentuk persaingan.

Cerita ini ditetapkan untuk tahun 2003, namun menjelang tanggal rilis Warner Bros berubah pikiran dan memutuskan untuk fokus pada proyek-proyek independen Batman dan Superman.

4. Superman dari naskah Abrams dan Brett Ratner

Sebelum dia membuat naskah Star Trek atau Star Wars, JJ Abrams hampir menulis film Superman. Pada 2002, Abrams dikontrak untuk menulis skenario film untuk Clark Kent setelah kesuksesan awalnya dengan Armageddon, Felicity, dan Alias. Pada awalnya skripnya ditunda untuk skrip Batman vs Superman. Namun begitu dia menyerahkan penulisan ulang maka yang pertama ditangguhkan. Sutradara film Rush Hour, Brett Ratner, dikontrak untuk menjadi sutradara. Sementara Christopher Reeve diangkat sebagai konsultan dan aktor termasuk Paul Walker, Brendan Fraser, dan Jude Law.

Naskah itu membuat Krypton tetap berdiri setelah perjalanan Kal-El ke Bumi. Kisah itu berpusat pada saudara jahat Jor-El, Kata-Zor, yang mengirim Jor-El ke penjara dan meluncurkan putranya ke bumi. Begitu Superman menjadi populer di bumi, Kata-Zor dan tiga mitranya bertualang ke bumi untuk mengalahkannya.

5. Superman Returns 2

Superman Returns menghasilkan uang untuk Warner Bros, tetapi tidak cukup bagi studio untuk mengejar sekuel 2009 yang direncanakan yaitu Superman Returns 2: The Man of Steel. Beberapa bulan sebelum rilis Superman Returns, sekuelnya diumumkan dengan pemain inti dan Bryan Singer kembali sebagai sutradara. Film ini diharapkan bisa membawa Brainiac ke layar lebar dan memperkenalkan Metallo.

Brandon Routh tidak pernah harus mengulang versinya tentang Kal-El di film lain, tetapi aktor tersebut baru-baru ini melanjutkan perannya dalam acara "Arrowrisis's Infinite Earths" di tahun 2019 bersama dengan Tom Welling dari Smallville.

6. Superman Justice League: Mortal

Proyek Superman profil tinggi lainnya yang tidak pernah terjadi adalah Justice League: Mortal. Film yang akan disutradarai oleh Mad Max, pembuat film Fury Road yang digadang-gadang akan menawarkan pandangan baru yang segar pada genre pahlawan super. DJ Cotrona juga dikontrak untuk bermain sebagai Superman, Armie Hammer menjadi Batman, Megan Gale sebagai Wonder Woman, Adam Brody sebagai Flash, Hugh Keays-Byrne sebagai Martian Manhunter, Jay Baruchel sebagai Maxwell Lord, dan Teresa Palmer akan memerankan Talia Al Ghul.

7. Man of Steel 2

Butuh tujuh tahun antara Superman Returns dan Man of Steel, tetapi banyak yang akan setuju itu pantas ditunggu. Henry Cavill adalah pilihan yang luar biasa untuk peran itu. Pada tahun 2014, sekuel diumumkan tengah dalam proses pengerjaan. Namun dilaporkan bahwa Man of Steel tersisih karena Warner Bross lebih memprioritaskan film Batman v Superman: Dawn of Justice dan Justice League.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement