Sabtu 30 May 2020 05:18 WIB

Kategori Kesehatan dan Perawatan Paling Dicari di Blibli

Covid-19 telah mempengaruhi pilihan produk para pelanggan niaga elektronik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Gita Amanda
Belanja Online. Ilustrasi
Foto: Istimewa
Belanja Online. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bulan suci Ramadhan dan Lebaran di tengah pandemi Covid-19 telah mempengaruhi pilihan produk para pelanggan niaga elektronik. Pembelanjaan kebutuhan sehari-hari serta produk yang membantu menjaga kesehatan dan perawatan tubuh menjadi kategori yang mengalami peningkatan.

"Para pelanggan semakin fokus pada menjaga kesehatan dan perawatan tubuh. Karena itu, mereka semakin rajin memasak hindangan di rumah, selain menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan memastikan kerapihan diri sendiri,” kata Yolanda Nainggolan, Vice President (VP) of Public Relations Blibli.

Pembelanjaan produk-produk keseharian dan kesehatan menopang kinerja kategori BlibliMart, Olahraga & Aktifitas Luar Ruang, Kesehatan & Kecantikan, serta Home & Living. Di BlibliMart, kategori groceries, seperti sembako, minyak goreng, beras, dan bumbu masak menjadi paling banyak dicari. Tampak lonjakan penjualan produk-produk makanan segar sebesar 7 kali lipat sepanjang Ramadan 2020 jika dibandingkan Ramadhan 2019.

Tren mengolah masakan di rumah selama Ramadhan dan menjelang Lebaran jug telah mendorong penjualan berbagai produk di kategori Home and Living, termasuk produk peralatan dapur dan memasak yang mengalami kenaikan order hingga 4 kali lipat selama periode Ramadhan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadhan 2019.

Selain kebugaran tubuh, pelanggan juga merawat kebersihan dan kerapihan diri dengan membeli berbagai produk di kategori Kesehatan & Kecantikan, seperti hand sanitizer dan vitamin. Di luar produk sanitasi, pelanggan juga membeli produk-produk perawatan rambut dan kulit.

Selama Ramadhan 2020, jumlah order hair clipper meningkat 5 kali lipat dan perawatan wajah sebanyak 4 kali lipat jika dibandingkan dengan Ramadhan tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement