1.773 Calhaj Indramayu Gagal Berangkat Tahun Ini

Selasa , 02 Jun 2020, 20:28 WIB Reporter :lilis sri handayani/ Redaktur : Ani Nursalikah
1.773 Calhaj Indramayu Gagal Berangkat Tahun Ini. Ilustrasi
1.773 Calhaj Indramayu Gagal Berangkat Tahun Ini. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sebanyak 1.773 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Indramayu gagal berangkat ke tanah suci pada tahun ini. Hal itu menyusul keputusan Pemerintah RI yang membatalkan keberangkatan haji tahun ini akibat pandemi Covid-19.

 

Terkait

Baca Juga

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Munir Huda, mengungkapkan, 1.773 calhaj itu sesuai dengan kuota hajji Kabupaten Indramayu untuk 2020. "Mereka semua telah melunasi (biaya haji tahun ini)," kata Munir kepada Republika.co.id, Selasa (2/6).

Munir mengatakan, calhaj yang telah melunasi biaya haji pada tahun ini secara otomatis akan diberangkatkan tahun depan. Dia berharap, calhaj bisa memahami kondisi yang terjadi saat ini.

Selain melunasi biaya haji, calhaj asal Kabupaten Indramayu sebelumnya juga telah melakukan persiapan lainnya. Di antaranya mengikuti kegiatan bimbingan pra manasik haji pada 9 Maret 2020.

Kegiatan bimbingan pra manasik tersebut digelar di Masjid Roduatul Jannah Islamic Center Indramayu. Kegiatan itu diharapkan membantu calhaj dalam memahami tata cara berhaji yang baik dan benar.

Namun, Menteri Agama RI Fachrul Razi, dalam konferensi persnya secara virtual  mengumumkan keputusan Pemerintah membatalkan keberangkatan jamaah haji tahun 2020. Hal tersebut sebagai upaya pemerintah melindungi warga negaranya pada masa pandemi Covid-19 ini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini