7 Safar 1442

Trik Memanfaatkan Uang Pemberian Lebaran 

Jumat , 05 Jun 2020, 12:01 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Ani Nursalikah
Trik Memanfaatkan Uang Pemberian Lebaran 
Trik Memanfaatkan Uang Pemberian Lebaran 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bersilaturahim saat Hari Raya banyak dari kita -terlebih anak-anak memperoleh hadiah berupa uang dari orang tua, saudara, tetangga atau pun teman dekat. Namun demikian, banyak orang kebingungan mencari hal yang lebih prioritas agar uang pemberian yang sudah terkumpul banyak itu bisa dipergunakan dengan bermanfaat.

 

Baca Juga

Akan lebih bijak bila Anda memiliki rencana tabungan untuk uang pemberian yang terkumpul selama hari raya tersebut dibandingkan menghabiskannya dengan sembrono. Sebab bagaimanapun uang pemberian yang terkumpul selama musim hari raya menjadi uang tambahan dan bisa dilihat sebagai bonus. 

Namun, banyak orang yang mulai merencanakan membelanjakan uang hadiah itu untuk memberi sesuatu yang diinginkan seperti mainan baru, ponsel terbaru, atau menghabiskan dengan teman dan membeli busana terbaru. Bila ini menjadi pilihan, maka uang hadiah itu hanya akan bertahan beberapa pekan saja.

Akan lebih baik menanyakan apakah itu kebutuhan atau keinginan? Bisakah Anda hidup tanpa itu? Apakah Anda kehilangan dalam beberapa pekan terakhir dengan tidak memiliki benda-benda itu?

Jika Anda mampu hidup tanpa item itu maka pertimbangkan untuk menyimpan uang tambahan itu untuk sesuatu yang lebih istimewa yang Anda mungkin butuhkan pada masa depan. Dengan cara ini, juga membantu mengurangi ketergantungan pada orang tua untuk memperoleh sesuatu yang istimewa ketika anda membutuhkannya. 

Seperti dilansir Borneo Bulletin pada Kamis (4/6), salah satu contoh yang baik memanfaatkan uang hadiah Lebaran dengan membeli komputer. Meski ini adalah barang yang mahal untuk dibeli, namun ini menjadi barang yang harus karena akan membantu dalam studi maupun pekerjaan. Bila Anda mampu menghemat uang untuk membeli, Anda bisa membantu mengurangi beban orang tua untuk membelinya.

Dengan merencanakan dan menyisihkan uang tambahan Lebaran, Anda akan menemukan bersama bermanfaatnya uang yang disimlan. Selain itu Anda akan menghargai barang yang dibeli karena mengingat betapa susah payahnya menabung untuk mendapatkannya. Di samping itu orang tua juga harus membantu menumbuhkan kebiasaan menabung anak-anaknya.

Sebagai permulaan ada baiknya mencoba menghemat beberapa rupiah dari setiap uang yang anda terima sebagai hadiah. Masukan pada sebuah kotak setiap harinya. Akan lebih baik bila bisa memasukkan semua uang tersebut dalam kotak.

Bagi yang mempunyai rekening bank, bisa mengumpulkan uang tambahan itu ke rekening tabungan. Jadi pikirkanlah bagaimana Anda menghemat uang tambahan selama Lebaran ini. 

 

 

widget->kurs();?>