Ahad 07 Jun 2020 18:31 WIB

Opini Media: Protes Rasisme Floyd, Apa Kabar Muslim India?  

Diskriminasi dan isu SARA terhadap Muslim India seakan luput.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Diskriminasi dan isu SARA terhadap Muslim India seakan luput. Ilustrasi Muslim India pascakerusuhan di New Delhi beberapa waktu lau.
Foto: AP/Rajesh Kumar Singh
Diskriminasi dan isu SARA terhadap Muslim India seakan luput. Ilustrasi Muslim India pascakerusuhan di New Delhi beberapa waktu lau.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Gerakan Black Lives Matter beberapa hari terakhir mengudara di seluruh Amerika Serikat. Sementara itu, warga negara India sering diam-diam menghadapi ketidakadilan yang mencolok. 

Minoritas terbesar di India ini menemui ketidakadilan dalam beragam bentuk. Mulai dari kampanye penganiayaan yang sistematis hingga pembunuhan.

Baca Juga

Alasan diskriminasi ini pun jelas, yakni terlihat dari narasi yang disampaikan pemerintah. Salah satunya Pasal 370 berkaitan dengan otonomi wilayah Kashmir atau Undang-Undang Amandemen Kewarganegaraan yang jelas tidak demokratis.

Dikutip di Asian Age, pada 2002 sebuah pembunuhan masal terjadi di Gujarat ketika Perdana Menteri memimpin pemerintah negara bagian di sana dan mengklaim lebih dari 1.000 nyawa Muslim hilang. Untuk kasus ini, para pelaku tidak dihukum. Orang-orang seperti Babu Bajrangi, yang termasuk di antara segelintir terpidana, dibebaskan dengan jaminan.

Bulan Februari tahun ini, pertumpahan darah mendadak terjadi. Hal ini didahului dengan pidato pembantaian para pemimpin BJP Anurag Thakur, Parvesh Verma dan Kapil Mishra, yang semuanya tersedia dalam catatan. 

Sebanyak 53 nyawa menghilang di timur laut Delhi dan sebagian besar Muslim. Tidak ada tindakan yang diambil terhadap mereka, baik oleh pemerintah atau mesin partai.

Pengadilan di Delhi baru-baru ini menolak uang jaminan kepada Safoora Zargar yang dalam kondisi hamil. Wanita berusia 27 tahun ini merupakan anggota Komite Koordinasi Jamia. 

Safoora ditangkap tim khusus Kepolisian Delhi karena dituduh menciptakan penghalang yang diduga memfasilitasi bentrokan akhir Februari lalu. 

Sementara, karena tidak ada bukti kegiatan teroris yang dituduhkan kepadanya, di bawah Undang-Undang Kegiatan Pencegahan (Pencegahan) yang Melanggar Hukum (UAPA), dia berhak atas uang jaminan bahkan di bawah hukum kejam ini.

Zargar telah diintai di bawah UAPA, undang-undang anti-terorisme utama India, bersama Meeran Haider, Shifa-ur-Rehman dan Asif Iqbal Tanha dari Jamia Millia Islamia, serta Umar Khalid dan Natasha Narwal dari JNU. Pria dan wanita muda ini diam-diam ditangkap dan diletakkan di balik jeruji di bawah alasan kuncian Covid-19. 

Tetapi, satu-satunya kejahatan yang mereka lakukan adalah mengamalkan kebebasan berpendapat dan hak mereka untuk berselisih. Kedua hal ini sangat penting untuk berfungsinya demokrasi secara sehat.

photo
Seorang warga meninggalkan lingkungan rumahnya yang hangus saat bentrok massa pendukung dan penentang UU Kewarganegaraan India berujung rusuh di New Delhi, India. - (Rajat Gupta/EPA EFE)

Pekan ini, tawaran perempuan dan anak-anak untuk melanjutkan aksi anti-CAA di Shaheen Bagh yang mulai yang paralel dilakukan di luar Jamia, digagalkan Polisi Delhi.  

Sementara itu, korban Muslim telah berjuang untuk mengajukan FIR. Mereka bisa mendaftarkan setelah banyak kesulitan. Seringkali, keluhan mereka dijadikan satu dengan orang lain, lalu mereka yang dipermasalahkan.  

Kasus ini dialami Hasim Ali, seorang penjahit berusia 60 tahun dari timur laut Delhi. Ali mengajukan pengaduan setelah rumahnya terbakar habis. Keluhan ini terkait dengan tetangga Hindu-nya. 

Belakangan, Tuan Ali yang ditangkap dengan alasan paling tak masuk akal. Sementara tidak ada tindakan yang diambil terhadap orang-orang yang namanya disebut dalam keluhan itu.  

Tetapi, apakah pengadilan menegur polisi karena penyelidikannya yang sangat bias? Sebaliknya, hakim sesi tambahan Dharmendra Pradhan merekomendasikan FIR kedua terhadap Zargar untuk mengungkap konspirasi yang lebih besar yang tampaknya dibedakan dari kasusnya. Hakim kemudian menuduh Zargar karena bermain-main dengan bara dan membakar dirinya sendiri.  

Pernyataannya berbau keterlibatan dengan narasi Islamofobia pemerintah. Seakan tidak memiliki ruang bagi Muslim moderat atau liberal yang menolak menjadi apologis Hindutva. Apakah pemerintah kemudian mendorong radikalisasi pemberontakan Muslim dan bersenjata sebagai satu-satunya jalan keluar dari krisis kemanusiaan ini?  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement