Senin 08 Jun 2020 06:07 WIB

Wanita Suriah Tuduh Turki Kirim Putranya ke Perang Libya

Turki dituduh gunakan janji palsu untuk membawa putra-putra Suriah perang di Libya

Rep: Alarabiya/ Red: Elba Damhuri
Tentara Libya merayakan kemenangan setelah merebut kota Tarhuna dari milisi pemberontak Khalifa Haftar di barat Libya pada 5 Juni 2020. ( Hazem Turkia - Anadolu Agency )
Foto: Anadolu Agency
Tentara Libya merayakan kemenangan setelah merebut kota Tarhuna dari milisi pemberontak Khalifa Haftar di barat Libya pada 5 Juni 2020. ( Hazem Turkia - Anadolu Agency )

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI -- Seorang ibu Suriah mengungkapkan bagaimana Turki menggunakan 'janji palsu' untuk membujuk putra-putranya dan lelaki lain melakukan perjalanan ke Libya. 

Anak-anak ini kemudian bertarung bersama Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui PBB dalam konfliknya dengan Tentara Nasional Libya (LNA).

GNA, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Fayez al-Sarraj, didukung oleh Turki, yang telah dituduh menggunakan posisinya di Suriah untuk mengirim ribuan tentara bayaran dan ekstremis Suriah memperjuangkan GNA.

Dalam beberapa pekan terakhir, data-data mulai muncul tentang bagaimana Turki mengirimkan tentara bayaran Suriah ke Libya dengan janji pembayaran yang besar.

Um Khalid, seorang ibu telantar enam dari desa selatan Idlib Suriah, mengatakan kepada stasiun Al Arabiya bahwa anak-anaknya dibujuk untuk pergi ke Libya dengan kedok bahwa mereka akan dibayar cukup baik untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka. .

Namun, putra-putranya segera menyadari bahwa situasi di Libya jauh lebih buruk daripada yang telah mereka ketahui.

“Jangan biarkan siapa pun datang [ke Libya]. Situasi [di Libya] adalah hidup atau mati. Jangan biarkan siapa pun datang [ke Libya] setelah saya. Itu semua bohong, tidak ada uang, "kata putra Um Khalid kepadanya.

Putra-putranya pertama kali dipindahkan ke Afrin di Suriah utara. Mereka kemudian dibawa melintasi perbatasan ke Turki di mana mereka naik penerbangan ke Libya.

"Semua "janji kosong" yang mereka buat untuk tentara bayaran Suriah tentang keuntungan finansial adalah "kebohongan," kata Um Khalid.

Ia menambahkan bahwa "mereka tidak membayar anakku" apa yang mereka janjikan padanya.

"Saya memiliki dua putra yang menyesali partisipasi mereka dalam konflik di Suriah," katanya.

Turki telah mengirim tentara bayaran dan senjata untuk mendukung harian GNA, kata Brigade LNA, Jenderal Khalid al-Mahjoub tentang Al Hadath awal pekan ini.

Pada Sabtu, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan komandan LNA Jenderal Khalifa Haftar mengumumkan rencana gencatan senjata, yang akan dimulai 8 Juni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement