Senin 08 Jun 2020 16:23 WIB

Gerakan Olahraga di Rumah Arab Saudi Sumbang Rp 467 Juta

Uang ratusan juta tersebut disumbangkan ada bank makanan Arab Saudi.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Gerakan Olahraga di Rumah Arab Saudi Sumbang Rp 467 Juta. Seorang pria Arab Saudi jogging dengan mengenakan masker selama periode lockdown atau karantina wilayah akibat Covid-19.
Foto: Reuters
Gerakan Olahraga di Rumah Arab Saudi Sumbang Rp 467 Juta. Seorang pria Arab Saudi jogging dengan mengenakan masker selama periode lockdown atau karantina wilayah akibat Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Beberapa warga Arab Saudi membuat kampanye kebugaran di rumah selama karantina pandemi. Tak hanya melakukan olahraga di runah, mereka melakukan aksi sosial dengan mendonasikan uang sejumlah 125 riyal saudi atau sekitar Rp 467 juta untuk Saudi Food Bank.

Dilansir di Arab News, Senin (8/6), lebih dari 5.500 komitmen dibuat oleh penduduk Arab Saudi yang ambil bagian dalam kampanye latihan selama sebulan. Gerakan ini diluncurkan oleh Saudi Sports for All Federation (SFA).

Baca Juga

SFA juga meluncurkan "Move to Donate" selama Ramadhan sebagai bagian dari kampanye kebugaran "Your Home, Your Gym" untuk mendorong gaya hidup sehat dengan tetap mengingat prinsip-prinsip bulan puasa, seperti mendukung mereka yang membutuhkan dan nilai-nilai masyarakat. “Move to Donate” disusun sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial.

Janji untuk olahraga di luar rumah dibuat di situs SFA dan diterjemahkan ke dalam sumbangan bank makanan yang dikirim sepanjang bulan Ramadhan. Berbagai jenis latihan dan tantangan dimasukkan seperti jumping jacks, sit-up, jogging, berlari di tempat dan banyak lagi. Banyak dari tantangan ini dipenuhi dan para peserta berbagi latihan harian mereka di media sosial.

Sebuah tim pelatihan lokal berkontribusi terhadap tantangan dan menyediakan banyak video pelatihan di media sosial untuk membantu para peserta di sepanjang jalan. Beberapa kapten termasuk Najia Alfadl, Aya Alduhaiman, Fahad Al-Sahli, Abdullah Fallatah, Ahmad Al-Mosabi dan Yasmine Hassan.

"Setiap orang yang berpartisipasi dalam 'Move to Donate' tidak hanya berkomitmen untuk tetap aktif, mereka menganjurkan orang lain untuk aktif dan bergabung dengan gerakan,” kata Presiden SFA Pangeran Khaled bin Alwaleed bin Talal. 

Ini benar-benar dinamisme kelompok yang digunakan untuk mencapai begitu banyak hal positif, kesehatan, dan kebaikan sosial. Ini adalah salah satu momen terkuat dari sejarah Olahraga untuk Semua Federasi, dimungkinkan oleh para peserta dari seluruh Arab Saudi. 

Inisiatif ini terbukti menjadi dorongan ideal bagi orang-orang dari segala usia dan kemampuan olahraga untuk tetap aktif, membangun kebiasaan sehat, dan mencoba tantangan baru selama periode karantina. Mereka mencatat hampir empat juta orang pada akhir April, dengan ribuan gambar media sosial yang dihasilkan pengguna dan video latihan di rumah yang diposting dari seluruh Kerajaan dan wilayah Dewan Kerjasama Teluk yang lebih luas.

"Baytak Nadeek (Rumah Anda, Gym Anda) berada dalam fase transisi. Awalnya ini merupakan respons terhadap krisis kesehatan dan telah berkembang menjadi panduan gaya hidup lengkap. Saya akan menggambarkannya sebagai jalur strategis untuk menjalani hidup terbaik Anda dengan menjadi sehat, aktif, dan penuh perhatian,"ujar Pangeran Khaled.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement