Senin 08 Jun 2020 20:05 WIB

Kasus Positif di Kecamatan Selaawi Garut Bertambah

Tiga pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Selaawi itu sebelumnya berstatus OTG.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kasus Positif di Kecamatan Selaawi Garut Bertambah. Virus Corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kasus Positif di Kecamatan Selaawi Garut Bertambah. Virus Corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut kembali bertambah pada Senin (8/6). Hasil penelusuran atau tracing Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, terdapat tiga penambahan kasus itu di Kecamatan Selaawi.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, tiga kasus baru itu berasal dari kampung yang dilakukan karantina mandiri di Kecamatan Selaawi. Dari ratusan orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19, ditemukan tiga orang yang positif. "Ada tiga tambahan kasus dari Selaawi," kata dia, Senin. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah mengisolasi atau karantina mikro satu desa di Kecamatan Selaawi pada Jumat (29/5). Desa itu dikarantina lantaran ditemukan tiga kasus pasien positif dari wilayah itu.

Setelahnya, berdasarkan hasil tracing tim survailans, ditemukan 139 orang tanpa gejala (OTG) pada Ahad (31/5). Baru kemudian, hari ini kasus positif bertambah tiga dari wilayah itu.

 

"Kita tetap lakukan karantina wilayah atau karantina mikro di satu desa itu. Untuk kecamatannya kita lakukan PSBB. Mudah-mudahan bisa memutus penularan," kata Helmi.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Garut, Yeni Yunita mengatakan, tiga pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Selaawi itu sebelumnya berstatus OTG. Satu orang merupakan perempuan berusia 47 tahun, lalu seorang anak laki-laki usia 15 tahun, dan anak laki-laki usia 13 tahun. "Pasien telah di rujuk ke RSUD dr Slamet Garut," kata dia.

Dengan adanya penambahan kasus itu, total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Garut berjumlah 23 orang. Sebanyak 10 orang masih dalam perawatan, 10 orang dinyatakan  sembuh, dan tiga orang meninggal dunia.

Kecamatan Selaawi menjadi yang paling banyak menyumbang kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut. Dari total 23 kasus positif Covid-19, delapan di antaranya berasal dari Kecamatan Selaawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement