Selasa 09 Jun 2020 15:58 WIB

Qatar Mulai Buka Masjid Pada 15 Juni

Masjid di Qatar akan dibuka pada 15 Juni.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Qatar Mulai Buka Masjid Pada 15 Juni. Foto: Masjid di Qatar
Foto: Youtube
Qatar Mulai Buka Masjid Pada 15 Juni. Foto: Masjid di Qatar

REPUBLIKA.CO.ID,DOHA --  Kementerian Wakaf dan Urusan Islam telah mengumumkan untuk membuka kembali masjid-masjid mulai 15 Juni di bawah aturan dan peraturan tertentu untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan merilis video ilustratif bagi jamaah untuk mengikuti prosedur.

"Kami memberi tahu anda bahwa masjid akan dibuka kembali untuk salat (dengan pengecualian salat Jumat) mulai Senin depan, 15 Juni dan sejumlah masjid yang akan diumumkan kemudian, sesuai dengan tindakan pencegahan khusus yang diilustrasikan dalam video ini, "Kementerian mengatakan dalam tweet.

Baca Juga

Dilansir di thepeninsulaqatar.com, Selasa (9/6) sholat Jumat akan diizinkan di 54 masjid pada tahap ketiga yang akan dimulai pada Agustus.  Fase keempat (September) akan dilakukan pembukaan masjid dan sholat Jumat.

Sesuai langkah-langkah pencegahan, jamaah harus berwudhu di rumah sebelum pergi ke masjid karena kamar mandi dan tempat wudhu masjid akan ditutup. Jamaah diminta untuk tidak pergi ke masjid lebih awal karena masjid hanya dibuka setelah azan. Mereka seharusnya tidak berkerumun di dalam masjid dan menjaga jarak dua meter dari yang lain.

Jamaah harus menghindari berjabat tangan bahkan jika mereka mengenakan sarung tangan dan mereka harus menutupi mulut dan hidung saat bersin dan batuk. Mereka harus menunjukkan aplikasi Ehteraz sebelum memasuki masjid. 

Jamaah harus membawa sajadah sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain atau meninggalkannya di masjid. Mereka harus memakai masker selama mereka berada di masjid. Jamaah harus membawa salinan Al-Quran mereka sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain atau dapat membaca di ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement