Selasa 09 Jun 2020 21:30 WIB

Kemenkes Arab Saudi Ingatkan tidak Mencium Tangan Orang Tua

Mencium tangan orang tua berpotensi menyebarkan virus Covid-19.

Rep: Febryan. A/ Red: Ani Nursalikah
Kemenkes Arab Saudi Ingatkan tidak Mencium Tangan Orang Tua
Foto: Flickr
Kemenkes Arab Saudi Ingatkan tidak Mencium Tangan Orang Tua

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi mengingatkan warganya menahan diri dari delapan kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan infeksi Covid-19. Salah satunya kebiasaan mencium tangan orang tua.

Lewat video kampanye kesehatannya yang dilansir Saudi Gazette, Senin (8/6), Kemenkes Arab Saudi menyebut kebiasaan mencium tangan kedua orang tua atau orang yang lebih tua dapat membahayakan kesehatan di masa pandemi ini. Masyarakat disarankan menggantinya dengan salam dari jarak aman.

Baca Juga

Video itu juga mengingatkan soal kedisiplinan penggunaan masker. Kementerian juga memperingatkan untuk mencuci masker sebelum digunakan.

Kebiasaan lainya adalah ibadah sholat. Kemenkes Arab Saudi mengingatkan, sholat dengan berdiri dekat antarjamaah bisa menyebabkan penularan virus. Sebaiknya, jamaah membuat jarak dua meter dan juga menggunakan sajadah pribadi.

Kebiasaan dalam melakukan transaksi juga jadi sorotan. Kemenkes menyarankan lebih mengutamakan transaksi dengan metode pembayaran elektronik daripada tunai. Pembayaran tunai berpotensi terjadinya penyebaran virus.

Hal lainnya adalah soal berjabat tangan juga berpotensi jadi cara penyebaran virus. Termasuk pula menyentuh sayuran secara acak di pasar. Sebaiknya masyarakat hanya menyentuh barang-barang yang hendak dibelinya dan tetap menjaga jarak fisik selama berbelanja.

Baca juga: Arab Saudi Tutup 71 Masjid Menyusul Kasus Baru Corona

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement