Sabtu 13 Jun 2020 00:34 WIB

Belanda Kirim Menu Khas ke Rumah Sakit Jerman

Belanda mengirim 4000 ikan haring asin ke Jerman sebagai tanda terima kasih

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Belanda Kirim Menu Khas ke Rumah Sakit Jerman
Belanda Kirim Menu Khas ke Rumah Sakit Jerman

Dewan Pemasaran Ikan Belanda hari Rabu (10/6) mengatakan bahwa tangkapan ikan hering pertama tahun 2020 akan dikirim ke Jerman sebagai hadiah bagi staf medis di negara bagian Nordrhein Westalen (NRW). Hadiah itu adalah tanda terima kasih karena Jerman telah membantu merawat pasien Covid-19 dari Belanda.

Sekitar 4000 ikan haring asin - makanan lezat khusus yang di Belanda dikenal sebagai maatjes - akan diserahkan kepada Menteri Kesehatan NRW Karl-Josef Laumann dan direktur rumah sakit universitas di Münster, Hugo van Aken.

Negara bagian NRW yang berbatasan dengan Belanda pada awal April menerima pasien Covid-19 dari tiga negara Uni Eropa, termasuk 28 pasien dari Belanda, untuk membantu unit perawatan intensif yang terbebani. Inisiatif serupa juga dilakukan di negara-negara bagian lain di Jerman, yang menerima pasien virus corona dari Prancis dan Italia.

Kapasitas rumah sakit cukup

Secara keseluruhan, lebih 100 pasien dari Belanda dilaporkan dirawat di beberapa rumah sakit Jerman. Rumah sakit universitas Münster bertindak sebagai pusat koordinasi untuk "pasien internasional " dan mengorganisasi transfer pasien bersama rumah sakit mitranya di Rotterdam, Belanda.

Menteri kesehatan NRW, Karl-Josef Laumann bulan April lalu mengatakan kepada media, negara bagiannya masih memiliki cukup kapasitas dan "tentu saja kami akan membantu."

Pada saat itu, Jerman memiliki kapasitas 28.000 tempat tidur perawatan intensif yang siap menerima pasien Covid-19. Di negara bagian NRW ada sekitar 6.000 tempat tidur perawatan intensif, dengan sekitar 2400 yang kosong, kata Karl-Josef Laumann saat itu.

Menu spesial khas Belanda

Penangkapan ikan haring biasanya berlangsung dari Juni hingga Agustus. Pada awal musim penangkapan, biasanya tangkapan pertama dilelang untuk tujuan amal dalam pertemuan besar publik.

Maatjes adalah makanan ikan haring utuh yang direndam dalam air garam. Daging ikan yang berwarna kemerahan itu adalah menu yang sangat populer dari Belanda.

Santapan maatjes klasik biasanya disajikan dengan irisan bawang bersama salad kentang rebus dan saus mayones.

(hp/as)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement